Semarak Kegiatan Membangun Generasi Emas yang Rabbani Di KMIP FEST 2016

Jum’at (2/12) UKMF KMIP (Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan) FIP UNY mengadakan acara puncak KMIP FEST 2016 di lapangan hijau FIP UNY. KMIP FEST merupakan serangkaian kegiatan unggulan yang diadakan oleh KMIP setiap tahun. Pada tahun 2016 KMIP FEST dengan mengangkat tema yang sedang hangat di kalangan mahasiswa yaitu menuju generasi emas, namun tema umum tersebut perlu diseimbangkan dengan keadaan spiritual kita, terutama bagi yang beragama islam sehingga menjadi Generasi Emas, Generasi Rabbani.

Generasi emas generasi rabbani dikembangkan melalui serangkaian kegiatan yang diadakan KMIP dari 24 November sampai 2 Desember 2016 dimulai dari  kegiatan Tabligh Akbar yang dibersamai oleh Ustadz Solikhin Abu Izzudin yang diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai kampus di Yogyakarta dan dilanjutkan penukaran jilbab. Kegiatan yang lain yaitu lomba-lomba dengan hadiah sertifikat dan uang pembinaan berupa lomba poster dakwah, lomba PildaUNY, lomba adzan, lomba Muslim Cendikia. Selain itu, khusus untuk para Muslimah terdapat kegiatan Seminar Regional. Serangkaian kegiatan diatas kemudian di tutup dalam puncak acara KMIP FEST yaitu pameran poster dakwah, lomba Pilihan Dai UNY (PildaUNY), lomba adzan, lomba Muslim Cendekia dan taklshow Entrepreneur day bersama 2 narasumber yaitu Prof. Muhammad, M. Ag. yang merupakan pakar ekonomi syariah dan Rahmita Puspa Nintia, ST. yang merupakan Owner dan Designer Isma Hijab.

Rangkaian kegiatan yang diadakan memiliki harapan dapat membentuk generasi-generasi yang tidak hanya memiliki prestasi dan dapat berinovasi semata, namun juga menjadi generasi yang memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan visi uny dimana membentuk generasi yang bertaqwa, mandiri dan cendikia. Pembentukan generasi emas yang juga merupakan generasi rabbani tidak bisa dilakukan secara praktis, perlu adanya tahap-tahap atau proses berupa kegiatan kecil yang memiliki tujuan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kapasitas diri dimulai dari hal kecil. Penukaran jilbab merupakan satu contoh langkah kecil untuk menjadi lebih baik bagi teman-teman muslimah agar dalam berpakaian tidak hanya sesuai dengan syariat islam juga memenuhi norma kesopanan. Kegiatan lomba-lomba merupakan salah satu cara yang digunakan dalam meningkatkan prestasi untuk terus melahirkan karya yang kreatif dan inovatif, selain itu perlombaan juga merupakan salah satu cara untuk membentuk pribadi yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Tidak lupa pengarahan dan penambahan ilmu melalui kegiatan tabligh akbar, seminar regional maupun talkshow agar senantiasa tidak melanggar syariat islam.