Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Seminar dan Temu Kolegial Jurusan PPB/BK se-Indonesia

By admin | 9:55 PM WIB, Tue May 28, 2013

Jumat (24/5) Jurusan PPB FIP UNY kembali menyelenggarakan Seminar dan Temu Kolegial Jurusan PPB/BK se-Indonesia. Pada seminar ini menghardirkan Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd (Rektor UPI Bandung), Dr. Sigit Wibowo (Kabid Program P4TK Penjas dan BK) dan Dr. Muh. Farozin, M.Pd. (Dosen BK FIP UNY). Acara dibuka oleh Wakil Rektor I, Wardan Suyanto, Ed.D. Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd dan Kajur BK FIP UNY, Faturrachman, M.Si.

Dalam paparannya Prof. Dr. Sunaryo menjabarkan Implikasi KKNI (Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia) terhadap pengembangan kurikulum LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). KKNI bertujuan untuk meyandingkan, menyatarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pencarian pengakuan pekerjaan dalam sektor kerja. PPKHB (penilaian pengalaman kerja dan hasil belajar) dalam kerja dilapangan mungkin hal ini dapat diterapkan sebagai pengimpilkasian KKNI dalam dunia kerja khususnya pada profesi guru BK atau konselor. KKNI merefleksikan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang dapat dicapai melalui pendidikan, pelatihan, pegalaman keja, dan pembelajaran. Learning outcomes tercapainya kompetensi pembelajaran yang terstruktur namun juga pengalaman-pengalaman yang didapatkan.

Ditambahkan pula oleh Dr. Muh Farozin, M.Pd. bahwa peran BK dalam implementasi setiap terselenggaranya kurikulum di Indonesia tersirat dalam beberapa tugas, fungsi, dan tugas pokok guru BK. Contohnya dalam kurikulum 2013 terdapat tugas guru yaitu mengembangkan karir siswa. Salah satu fungsi tersebut adalah tugas dari guru BK, jadi secara tersirat terdapat peran guru BK walaupun dalam kurikul tidak ada terpampang peran BK. Layanan guru BK dalam kurikulum 2013 yaitu layanan pengembangan karir serta peminatan siswa. Guru BK pada kurikulum 13 memiliki banyak peran pada kelas VII, VIII, dan IX guru BK akan mengambil peran yaitu memberikan informasi yang tepat dan akurat untuk pelanjutan jenjang pendidikan selanjutnya yaitu SMA. Guru BK dirasa amat penting keberadaannya di jenjang sekolah SMP apalagi pada kelas IX yaitu sebagai pembimbing dalam penjurusan ke jenjang pendidikan selanjutnya kemudian memiliki peran yang penting juga di siswa kelas VII yaituberperan sebagai pendampingan peserta didik dalam masa orientasi dan peralihan dari dunia belajar siswa di Sekolah Dasar dan kini sampai pada jenjang sekolah menengah yang pastinya tugas serta suasana sekolah yang berbeda.

Pada sesi selanjutnya Dr. Sigit Wibowo menambahkan bahwa tugas dan fungsi PPPPTK PENJAS dan BK dari Permendikbud Nomor 41 tahun 2012, melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling Sasaran pengembangan dan pemberdayaan yaitu Guru BK 33.024 (NUPTK 2010) yang telah mengalami penaikan 20%. Dua acuan pengembangan dan pemberdayaan Guru BK yaitu Permendiknas nomor 28, Permentan nomor 16 termasuk turumam-turunannya. Isu-isu pokok guru BK: 1. Jumlah guru BK, 2. Distribusi Guru BK belum merata, 3. Guru Bkmasih ada yang belum memiliki kualifikasi akademik S1 dan Mismatch, 4. Kompetensi dan kinerja Guru BK, 5. Penilaian Kinerja Guru BK, 6.  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru BK, 7. Perubahan Kurikulum, 8. Belum semua guru BK mendapatkan progam peningkatan kompetensi, 9. Cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehngga membutuhkan kompetensi guru BK, 10. masalah jam tatap muka dalam bimbingan klasikal. (ant/din)

Berita

  • Dosen Departemen PSD Laksanakan Pengabdian Masyarakat Bertema Optimalisasi Penggunaan Teknologi Kekinian dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar
    05/05/2025 - 13:50
  • Tim PLB UNY mendukung Konferensi Akomodasi dan Akesibilitas melalui Pemanfaatan Teknologi Asistif Anak Tunanetra
    10/02/2023 - 15:33
  • Dies Natalis FIP 57, Imun Menuju Peradaban Baru
    09/13/2021 - 10:51
  • Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Bagi Mahasiswa S2 PLB Kerja Sama FIP UNY dan Pemkab Kutai Timur
    08/26/2025 - 10:05
  • Transforming Educational Landscape in South Asia After Covid-19
    09/13/2022 - 10:12
  • Seminar Antar Bangsa pada mata kuliah Pancasila
    10/02/2023 - 09:01
  • Benchamarking Senat Akademik FIP UNESA ke Senat Akademik FIPP UNY
    06/04/2024 - 12:36
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • Perkuat Tata Kelola Akademik, STAI Putra Galuh Ciamis Lakukan Studi Banding ke FIP UNY
    07/09/2025 - 14:21
  • Membangun Keluarga Berdaya: UNY Luncurkan Pelatihan untuk Generasi Unggul di Bantul
    08/12/2024 - 13:15

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY