SOSIALISASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA FIP UNY 2011

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FIP UNY 2011 diselenggarakan oleh Subag. Kemahasiswaan FIP UNY yang melibatkan para mahasiswa penerima beasiswa dan juga umum. Acara berlangsung  pada hari Jum’at, 06 April 2011 di ruang Abdullah Sigit dihadiri oleh Pembantu Dekan III FIP, Bapak Bambang Saptono, M.Si dan para dosen pendamping mahasiswa. Dalam sambutannya, Pembantu Dekan III mengajak mahasiswa untuk menjunjung tinggi kejujuran akademik dalam menyusun proposal PKM, jangan melakukan tindakan plagiat karena itu akan mencoreng nama baik pribadi maupun institusi. Ditambahkan beliau, untuk para mahasiswa yang hadir pada kesempatan ini diharapkan jangan lupa untuk mengajak teman-teman mahasiswa yang tidak mengikuti sosialisasi kali ini untuk ikut berpartisipasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa.
Acara dilanjutkan dengan pegarahan dari Ibu Sukinah, M.Pd yang didampingi Bapak Agung Hastomo, M.Pd. Dalam pengarahannya, Ibu Sukinah, M.Pd menjelaskan tentang jenis-jenis proposal yang bisa disusun untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Teknologi dan PKM Pengabdian Masyarakat. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menulis  mahasiswa harus memfokuskan jenis PKM mana yang akan diambil.  Setelah menetukan pilihan barulah melakukan research untuk mendukung penulisan proposal PKM tersebut. Misalnya, jika mahasiswa mengambil PKM Kewirausahaan, maka mahasiswa dihimbau untuk survey di pasaran. Apa yang sedang diminati masyarakat, bahan baku yang dibutuhkan, biaya produksi, dan faktor lainnya.  
Hal ini juga berlaku bagi jenis PKM yang lain, bahwa dasar penyusunan proposal adalah survey kondisi di lapangan yang nantinya menjadi bahan tulisan untuk latar belakang proposal. Melihat apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, bukan sekedar menulis proposal yang tanpa dasar. Selain itu, mahasiswa juga dihimbau untuk aktif membaca jurnal-jurnal sebagai sumber referensi alternatif proposal, tutur beliau. (zulfa)