TEMU ILMIAH PSIKOLOGI SOSIAL 2018

(2/11) Psikologi Sosial memiliki kontribusi besar untuk mempelajari, mengerti, menjelaskan dan memberikan rekomendasi mengenai permasalahan diversitas dan konflik antar kelompok. Hal ini karena fokus kajian Psikologi Sosial adalah pikiran, perasaan, dan tingkah laku manusia pada konteks lingkungan sosialnya. Riset dasar dan aplikatif dibutuhkan untuk memberikan sumbangan nyata dalam mendukung partisipasi para ilmuan sosial untuk peningkatan kualitas kehidupan individu-individu di masyarakat. Dengan harapan berbagai persoalan bangsa dapat dapat diatasi, tidak terkecuali untuk mencegah perpecahan serta membangun perdamaian dan hamoni pasca rekonsiliasi konflik.

Guna mewadahi diskusi tentang fenomena diatas maka Ikatan Psikologi Sosial Indonesia mengumpulkan para peneliti dan praktisi dalam bidang Psikologi Sosial dan Ilmu Sosial dalam kegiatan Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial 2018. Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si. sebagai wakil dari Jurusan Psikologi FIP UNY berperan aktif sebagai presenter yang menyajikan presentasi oral dengan judul “Kerjasama dalam Relasi Suami Istri: Studi Eksplorasi pada Orang Yogyakarta. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Jumat, 2 November 2018 mengikuti Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial 2018 di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dan Fakultas Psikologi Universitas Kristen Widya Mandala Surabaya diisi dengan serangkaian kegiatan yang meliputi workshop dan panel expert round table discussion dari para tokoh Psikologi Sosial di Indonesia.

“Manfaat yang diperoleh dalam keikutsertaan kegiatan tersebut adalah 1) publikasi hasil penelitian melalui presentasi oral dengan judul “Kerjasama dalam Relasi Suami Istri: Studi Eksplorasi pada Orang Yogyakarta; dan 2) informasi tentang hasil-hasil penelitian terkini dalam bidang psikologi sosial di Indonesia yang dapat memperkaya bahan ajar mata kuliah psikologi sosial”, papar Siti R.N. (siti/yul/ant)