Tim Dosen FIP UNY Memperoleh Anugrah Iptek DIY 2014

Tim Dosen dari Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Yogyakarta dinobatkan menjadi Juara 2 Anugrah IPTEK DIY Tahun 2014. Trophy dan penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Sri Pakualam IX pada Puncak Acara “Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-19 Tahun 2014 di Bangsal Kepatihan, Hari Selasa 30 September yang lalu. Tim Dosen yang terdiri dari Ariefa Efianingrum, M.Si., L. Andriani Purwastuti, M.Hum., Dr. Mami Hajaroh, M.Pd., Dr. Rukiyati, M.Hum., Joko Sri Sukardi, M.Si.  L. Hendrowibowo, M.Pd. dinobatkan sebagai Juara 2 untuk kategori Masyarakat Umum Kelompok dengan Hasil Penelitian yang berjudul: “Model Pelatihan Respek bagi Guru untuk Mencegah Kekerasan (Bullying) di Sekolah”.

Pada Tahun 2013, Tim ini menjadi Juara V Lomba Hasil Penelitian Kabupaten Sleman. Model Pelatihan Respek ini merupakan Hasil Penelitian Strategis Nasional Tahun 2009-2011. Penelitian ini berawal dari keprihatinan terhadap kasus-kasus kekerasan dalam institusi pendidikan, khususnya bullying di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sensitivitas dan reponsivitas guru terhadap kasus bullying di sekolah untuk mewujudkan sekolah pro respek dan anti kekerasan.

Pelatihan respek ini diadaptasi dari model pelatihan yang telah dikembangkan di Scotlandia. Pelatihan respek ini relevan dan senyampang dengan model Sekolah Ramah Anak (Child Friendly School) yang telah dikembangkan oleh UNICEF. Program ini perlu dikembangkan dengan dukungan para pengambil kebijakan yang terkait, warga sekolah, dan masyarakat luas.(ariefa/ant)