TOT OLAHRAGA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UNY ke 47, pihak panitia melaksanakan Training of Trainer (TOT) Olahraga bagi anak berkebutuhan khusus. Pelatihan dilaksanakan di GOR UNY dan lapangan sekitarnya, kamis ini (13/04/2011). Peserta kegiatan adalah para guru SLB dan mahasiswa. Mereka diberi pengetahuan tentang olahraga bagi anak berkebutuhan khusus dan dilatih langsung para instruktur dari organisasi UCP Wheel For Humanity yang berasal dari Amerika Serikat. UCPWFH bekerjasama dengan YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Umum).
Pada sesi praktek, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Sebagian bermain basket di atas kursi roda. Sebagian bermain tenis, sebagian bermain volley duduk. Peserta antusias mengikuti setiap permainan, dengan hal ini mereka juga dapat merasakan apa yang dirasakan oleh anak-anak berkebutuhan khusus.
Hadir pula bapak Memed, ketua NPC Jogjakarta yaitu organisai penyandang cacat yang salah satu kegiatannya adalah mengembangkan minat olahraga anak-anak berkenbutuhan khusus. Beliau mengatakan bahwa kegiatan seperti ini memberi pengetahuan baru bagi kami sebagai pengurus. Diharapkan nanti BNPC juga dapat mengadopsi kegiatan UCPWFH. Pihak UNY sendiri juga mengapresisai kegiatan ini, karena UNY juga memiliki program studi Pendidikan Luar Biasa yang bergerak dalam bidang pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. (dk&zulfa)