UPGRADING AMBASSADOR FEO (FACULTY OF EDUCATION)

Sejumlah 47 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (FIP UNY) yang tergabung dalam kegiatan Ambassador FEO melakukan up grading di Kampus UPP 2 Jl. Bantul. Ambassador FEO merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Departemen Lingkar Studi Pendidikan BEM FIP UNY. Kegiatan ini mempunyai output untuk menghasilkan mahasiswa FIP berpijar (berani, terampil mengajar) yang nantinya diterjunkan ke masyarakat.

Bersama tujuh mitra yang telah digandeng, yaitu Taman Baca Masyarakat Guyub Rukun, Taman Baca Masyarakat Mata Aksara, SD Muhammadiyah Domban 2, SD Model Sleman, Panti Al-Dzikro, Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam, dan Komunitas Braillian, para Ambassador FEO ini diharapkan mampu menyerap ilmu melalui rangkaian kegiatan mulai dari observasi, perancangan program kerja, magang, hingga nantinya terjun ke masyarakat.

Kegiatan up grading ini mengasah kepekaan sosial mahasiswa-mahasiswa terpilih dengan melakukan eksplorasi di sekitar Kampus UPP 2 FIP UNY. Problem yang mereka temukan selama kegiatan eksplorasi tersebut didiskusikan melalui forum kelompok kecil. Mereka berlatih untuk menganalisis dan menemukan solusi problem yang ada di masyarakat tersebut. Selain kegiatan eksplorasi, terdapat materi kepenulisan yang melatih Ambassador FEO untuk dapat berkarya melalui tulisan.

“Harapan kami, teman-teman Ambassador FEO menjadi perwajahan Fakultas Ilmu Pendidikan, baik bagi teman-teman mahasiswa lainnya maupun masyarakat”, ungkap Wakil Ketua BEM FIP UNY, Agung Pratama Putra, sebelum pengambilan ikrar Ambassador FEO Minggu (17/4) dini hari. (krtka)