Workshop Pengembangan Penelitian FIP UNY

Sabtu 3 Maret 2012, diadakan acara Workshop Pengembangan Penelitian dengan tema “Penelitian Kinerja Penelitian berorientasi Pengembangan Ilmu dan Praktik Pendidikan”. Bertempat di Ruang Abdullah Sigit, acara ini dihadiri seluruh Dosen FIP UNY.  Workshop penelitian Fakultas Ilmu Pendidikan ini menghadirkan pembicara Bapak. Sumarno, Ph.D. Dalam acara tersebut hadir pula jajaran Dekanat.

Acara dibuka langsung oleh Bapak WD I Dr. Sugito, MA, dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd. Beliau menggarisbawahi tentang kualitas guru saat ini. Harapan beliau dengan adanya pelatihan ini, para pengajar dapat memberikan kontribusi yang maksimal pada para peserta didiknya. Acara dilanjutkan dengan penjelasan Renstra FIP UNY 2012 kemudian dilanjutkan dengan acara utama dengan pembicara Bapak Sumarno, MA,. Ph.D. Pada diskusi yang beliau sampaikan, beliau menekankan adanya pola/ grand desain bagi peneliti di setiap program studi yang disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing peneliti, sehingga peneliti pada akhirnya memiliki roadmap penelitian yang jelas. Beliau juga menekankan untuk meningkatkan kualitas laporan penelitian, agar dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan.

Acara workshop diakhiri dengan diskusi antar sesama dosen di program studi masing masing, yang bertujuan untuk bersama merumuskan penelitian payung bagi setiap program studi yang ada di FIP, diharapkan melalui diskusi yang dilakukan ini dapat semakin meningkatkan kualitas maupun kuantitas penelitian di FIP. (don & ant) a