Workshop Percepatan TAS Angkatan 2012

Kamis (7/5) Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa semester akhir dalam menempuh tugas akhir Skripsi, Jurusan PLB mengadakan workshop percepatan tugas akhir skripsi untuk mahasiswa angkatan 2012. Kegiatan dilaksanakan diruang Abdulah Sigit FIP UNY pada pukul 08.00-13.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi yaitu pada sesi pertama pengantar dan sesi kedua yaitu bimbingan worksheet output pendampingan yang telah disusun dalam sesi pertama dengan masing-masing dosen pembimbing yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam sesi pertama diawali dengan sambutan oleh ketua jurusan, Dr. Mumpuniarti, M.Pd. yang sekaligus menyampaikan materi pengantar awal. Beliau menyampaikan pengantar kepada mahasiswa mengenai teknis pelaksanaan kegiatan dan motivasi kepada mahasiswa agar dapat menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi dengan tepat waktu. Kegiatan kemudian dilanjutkan penyampaian materi mengenai “Permasalahan Penelitian Pendidikan Khusus”. Materi yang disampaikan dalam slide powerpoint ini memberikan gambaran secara umum permasalahan yang ada dalam pendidikan khusus. Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi masalah yang sedang berkembang dalam ruang lingkup pendidikan khusus dan menuangkan dalam karya tugas akhir skripsi. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa diarahkan untuk dapat membuat karya tulis ilmiah dengan kaidah-kaidah ilmiah, seperti: teknik mengutip, penulisan kepustakaan, penulisan tabel, singkatan, dan outline tulisan. Mahasiswa diharapkan mampu merumuskan penalaran ilmiah terhadap suatu gejala dan mencoba menjelaskan gejala dengan suatu rujukan teori, dan membuat kesimpulan dari usaha menjelaskan gejala tersebut.

Kegiatan kemudian dilanjutkan penyampaian motivasi dari Alumni PLB, Elwis Latifah, S.Pd yang dapat lulus tepat waktu dengan bimbingan dan arahan dari Dr. Edi Purwanta, M.Pd. Melalui worksheet yang sudah disiapkan mahasiswa diajak untuk menuliskan time schedule penyelesaian tugas akhir skripsi. Mahasiswa diajak untuk bagaimana cara yang efektif mengatur waktu agar dapat lulus dengan tepat waktu. Manajemen waktu, kesabaran dan pantang menyerah merupakan kunci dalam penulisan tugas akhir skripsi agar dapat lulus tepat waktu.

Penyampaian materi yang selanjutnya disampaikan oleh Dr. Edi Purwanta, M.Pd. mengenai “Metode Penelitian Pendidikan”. Sebelum masuk ke materi beliau memberikan motivasi kepada mahasiswa mengenai pengalaman pribadi dalam penulisan tugas akhir. Materi yang disampaikan dalam slide powerpoint ini menjelaskan mengenai jenis, pendekatan, metode secara umum, metode yang sering digunakan dalam penelitian pendidikan khusus, masalah penelitian dan teknis penulisan usulan penelitian (sistematika penulisan tugas akhir). Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab untuk lebih memperjelas pemahaman mahasiswa dalam menulis tugas akhir.

Untuk mempertegas output kegiatan ini disampaikan worksheet output tugas pendampingan untuk perancangan awal untuk penulisan tugas akhir skripsi dan dikonsultasikan dengan masing-masing dosen pembimbing. Pengisian output tugas pendampingan dibimbing dan diarahkan oleh Sukinah, M.Pd. Dalam kegiatan ini diharapkan output yang dihasilkan adalah adanya rencana penelitian secara tertulis dan tidak hanya bersifat teoritis. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2012 berjalan lancar dan diikuti secara antusias. (yay/ant)