Workshop PKM GT AI untuk mahasiswa FIP UNY

Rabu (8/2), Sebanyak 95 mahasiswa FIP dari berbagai jurusan dan berbagai angkatan, berpartisipasi dalam pelatihan PKM GT-AI (Program Kreatifitas Mahasiswa Gagasan Tulis-Artikel Imiah). Acara dibuka oleh WD III FIP, Dr. Sujarwo, M.Pd. yang memaparkan bahwa Workshop PKM GT-AI ini merupakan salah satu bekal untuk maju ke PIMNAS. Acara yang digelar di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY ini diisi oleh Dr. Hermanto, M.Pd. yang juga merupakan salah satu juri PIMNAS 2016.

Hermanto menjelaskan bahwa PKM-GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide-ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide yang unik, kreatif dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Lalu mahasiswa tidak hanya dituntut sebatas mengekspos fakta tetapi justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi. Tujuan PKM-GT adalah menumbuhkembangkan karya tulis mahasiswa dalam bentuk penuangan gagasan atau ide kreatif. Kreativitas dalam PKM ini tidak ditekankan pada teori kreativitas tetapi bagaimana mahasiswa melakukan karya kreatif, tambahnya.

Kemudian Hermanto juga menjelaskan tujuan dari kegiatan PKM-AI, yaitu menumbuh kembangkan minat menulis ilmiah mahasiswa. PKM AI juga melatih mengembangkan hasil laporan kuliah, dan sejenisnya untuk dipublikasikan agar lebih memberikan kebermanfaatan. Tugas perkuliahan (penelitian, PPL, KKN,) sangat mungkin diusulkan dalam PKM-AI, asal memiliki keunggulan, keunikan & kreativitas.

Selanjutnya mahasiswa diminta untuk berkelompok dan membuat gagasan awal PKM GT ataupun AI. Mahasiswa juga mendapatkan pengarahan tentang sejumlah hal praktis dan teoritis mengenai pembuatan karya tulis secara lengkap dan runtut.(ant)