Workshop Tata Persuratan Berbasis Teknologi Informasi

Rabu (28/10) Di era globalisasi ini Tata Persuratan di instansi bisa lebih dimudahkan, terlebih dengan bantuan Teknologi Informasi. Teknologi Wireless sudah menjadi barang penunjang administrasi perkantoran. Salah satunya dalam bidang persuratan, pencarian surat bisa lebih mudah dan cepat. Sehingga kinerja staff administrasi bisa lebih efisien dan pelayanan terhadap stakeholder bisa lebih memuaskan, ungkap Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M. Pd. dalam pembukaan Workshop Tata Persuratan berbasis Teknologi Informasi.

Acara yang diikuti 56 karyawan FIP UNY diadakan di Laboratorium Administrasi Pendidikan dan menghadirkan 2 pembicara yaitu Hartono, M. Hum dari FBS dan Prasetyo Maulana, S.T. dari Subbag Informasi Pusat. Dalam tata penulisan surat, ternyata masih banyak terjadi kesalahan yang terjadi. Sebagai contoh penulisan kop surat. Hartono menambahkan banyak kesalahan-kesalahan sepele yang sering terjadi karena gaya selingkung dari  masing-masing fakultas. Meskipun tidak fatal, tapi tetap menjadi kesalahan dalam tata persuratan.

Dalam bidang persuratan berbasis IT, Prasetyo Maulana, S.T. memfasilitasi “wadah” surat yang kedepannya akan digunakan oleh staf TU FIP berupa web persuratan. Didalam web, staf administrasi dapat menambah perbendaharaan surat dengan mengupload surat yang sudah di scan lalu disimpan. Bila ada yang mencari surat tersebut, pengguna web tinggal klik search maka yang surat dicari akan muncul dalam bentuk PDF. (ant)