WR 3 UNY BEBERKAN STRATEGI PENCAPAIAN PRESTASI KEMAHASISWAAN

Sang juara itu diciptakan, bukan kebetulan. Sang juara itu adalah gabungan talenta dan proses pembinaan. Untuk menemukan talenta mahasiswa perlu dicari kompetensi berjenjang dan audisi berjenjang. Untuk proses pembinaan perlu terapkan prinsip man, material, methode. Demikian paparan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, Wakil Rektor 3 UNY selaku Key Note Speaker dalam kegiatan Seminar Bidang Kemahasiswaan & Launching Panca Lomba kegiatan pendukung FIP JIP, yang diselenggarakan oleh Forum Wakil Dekan III FIP LPTK Negeri Se Indonesia, di Hotel UNY, Selasa, 19 Febuari 2019, dengan tema “Strategi Pencapaian Prestasi Mahasiswa UNY”.

Untuk mencapai prestasi mahasiswa, Sumaryanto menambahkan , pertama yang harus di bangun adalah bangun manusianya, dan yang kedua adalah gunakan fasilitas terstandar . Terkait dengan fasilitas terstandar beliau menyarankan untuk membangun fasilitas kegiatan mahasiswa dan kerjasama dengan instansi lain. “Strategi ketiga adalah dengan membangun motivasi bertanding. Dengan cara melatih mental mahasiswa, menyususn strategi menang, pertahankan jika menang, rubahlah ketika kalah, dan doa,” lanjut Sumaryanto.

Strategi keempat dengan melakukan peneliitian agar diketahui kelemahan dan kekurangannya sehingga bisa dilakukan perbaikan. Strategi ke lima yaitu dengan merencanakan masa depannya.

Sebelumnya Sumaryanto menjelaskan terkait capaian prestasi mahasiswa UNY dari tahun 2008 hingga tahun 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan 3 FIP LPTK se-Indonesia.(rit)

Tags: