Yudisium Program Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (KKT)

Jumat (25/1) Untuk kali pertama FIP UNY menyelenggarakan Yudisium untuk lulusan KKT (Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan) program studi PGSD dan PG-PAUD.  Acara yang diselenggarakan di Abdullah Sigit Hall ini diikuti lulusan S1 dari internal UNY maupun luar UNY. Lulusan dari luar UNY diantaranya dari IKIP PGRI Bojonegoro, UST Yogyakarta, dan UAD Yogyakarta. Sedangkan peserta dari lingkup UNY sendiri merupakan lulusan dari FMIPA, FBS dan FIP.

Acara ini dihadiri oleh Dekan FIP UNY, WD I, WD II, WD III, Kajur dan Sekjur PGSD, Koprodi PG-PAUD, Dosen pendamping KKT dari PGSD dan PG-PAUD, Kabag TU dan para Kasubag. Tercatat 31 mahasiswa/i hadir dalam acara ini. Selanjutnya, Dekan FIP UNY Dr. Haryanto, M.Pd. secara resmi meyudisium para peserta dengan membacakan surat keputusan dekan sehingga untuk selanjutnya mereka sudah berhak untuk menyandang gelar S1 dengan kewenangan tambahan pada bidang PGSD dan PG-PAUD. Dalam sambutan, beliau mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yudisium dan untuk tidak lupa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berterimakasih kepada orangtua/wali maupun orang-orang terdekat yang telah membantu studi mereka. Lebih lanjut, lulusan ini lebih dikhususkan dan diharapkan untuk mengisi kekosongan tenaga pengajar di daerah 3T (Terdepan,Terluar, Tertinggal), demikian ungkap Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd.

Beliau berpesan kepada para peserta baik internal UNY maupun luar UNY bahwa semenjak diyudisium di FIP UNY, semua peserta sudah menjadi keluarga FIP UNY. Sebagai alumni mereka harus senantiasa selalu mengembangkan keilmuan yang telah didapatkan selama menempuh studi. Dan juga harus bisa "mikul dhuwur, mendem jero" Fakultas ini. Terakhir, beliau menegaskan bahwa lulusan KKT FIP UNY harus terdepan dalam menjadi manusia yang berkarakter, atau dengan istilah lain terdepan dalam menjadi individu yang berkepribadian terpuji. Tak lupa beliau mengatakan bahwa lulusan KKT FIP UNY harus menjadi Agent of Change untuk masa depan pendidikan Indonesia yang lebih baik. (ant)