“ NYAWIJI KARO SIJI” Tema LKMM KMMD FIP UNY 2022

Sebagai agen pembaharu, mahasiswa dituntut memiliki sifat dan sikap kepemimpinan yang ditunjang dengan tingkat akademis yang tinggi sebagai modal pembangunan masyarakat di masa yang akan datang. Mahasiswa perlu ditingkatkan keterampilan dalam pengelolaan suatu kegiatan dalam lingkup organisasi mahasiswa. Untuk melatih kemampuan kepemimpinan peserta agar bisa memanajemen dirinya sendiri. Tantangan di masa datang adalah semakin dibutuhkannya orang-orang dengan tingkat kinerja tinggi, produktif, terbiasa menghadapi tekanan dan bekerja dalam tekanan serta mampu mencapai target-target kerja sesuai rencana. Oleh karena itu, pada Jumat (25/02) dilaksanakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) bagi Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral (KMMD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

LKMM KMMD 2022 ini diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP. Narasumber kegiatan ini adalah Dr. Sujarwo, M.Pd., Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd., Bambang Saptono, M.Pd., Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., Widayanti, dan Winarso, S.Pd.T., yang membahas mengenai sinergitas masing-masing bidang dengan arah kebijakan FIP khususnya dan UNY pada umumnya. Dengan harapan, sinergitas ini mampu menjadikan kebermaknaan dalam fungsi manajemen bagi civitas akademika dan instansi Fakultas Ilmu Pendidikan.

Materi yang pertama oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Sujarwo, M.Pd., membahas mengenai arah kebijakan FIP UNY 2022 untuk mendongkrak IKU UNY umumnya. Doktor Sujarwo menjelaskan mulai dari visi dan misi universitas secara umum, hingga arah kebijakan dalam mendukung visi dan misi UNY tersebut melalui kebijakan yang dicanangkan FIP. Harapannya kebijakan-kebijakan tersebut senantiasa seiring sejalan dengan berbagai bidang yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan ini.

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menjadi pusat manajerial bagi organisasi kemahasiswaan yang ada di FIP ini, sehingga dalam penyampaian materi oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan pola kegiatan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY. Pola kegiatan harus selaras dengan kegiatan bidang satu sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “ Nyawiji karo siji” dimana kegiatan KMMD harus akademik dan non akademik yang menjunjung tinggi nasionalisme dan semangat kebangsaan selalu digaungkan oleh Doktor Joko pamungkas , dengan harapan Fakultas Ilmu Pendidikan terbebas dari rongrongan radikalisme dan segala tindakan yang menumbangkan ideologi dan identitas sebagai Bangsa Indonesia. Doktor Joko pamungkas juga menjelaskan berbagai alur dan SOP dalam proses pelaksanaan kegiatan yang nantinya akan diselenggarakan KMMD FIP UNY khususnya.

Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd., Wakil Bidang Akademik dan Kerjasama menyampaikan materi yang berkaitan dengan pola akademik magister dan doktoral. Pola akademik yang diharapkan tentu berbeda dengan pola akademik mahasiswa program sarjana, jika diukur harus lebih profesional yang didukung dengan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan mahasiswa magister dan doktoral sebagaimana yang diharapkan dan selaras dengan kebijakan FIP UNY.

Bambang Saptono, M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan sarana dan prasarana yang dimiliki FIP. Pada pemaparannya, Bambang menjelaskan secara detail terkait dengan gedung perkuliahan, perpustakaan, ruang dosen dan kaprodi, hingga gedung ormawa. Dengan harapan, fasilitas berupa sarana dan prasarana yang dimiliki FIP ini dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh para mahasiswa, terutama oleh Ormawa KMMD ini. Selain itu, Bambang juga menjelaskan terkait sumber daya manusia yang membidangi secara khusus dari program sarjana, magister, dan doktoral, sehingga harapannya mahasiswa tidak bingung ketika ingin mengurus hal-hal yang berkaitan dengan peminjaman fasilitas yang dimiliki FIP.

Masih nyambung dengan Bidang Umum dan Keuangan, secara khusus Widayanti, Staff Keuangan FIP UNY menyampaikan hal-hal berkaitan dengan keuangan FIP. Widayanti menjelaskan secara spesifik berkaitan dengan alur pengajuan dana ormawa. Evaluasi darinya, banyak ormawa yang masih kurang paham dengan alurnya, sehingga ke depannya diharapkan lebih jeli dan dapat mengurus keuangan secara tepat, cepat, dan sesuai SOP yang berlaku.

Winarso, S.Pd.T. selaku Sub Koordinator UKBMN FIP menyampaikan pola peminjaman sarana dan prasarana FIP. Winarso menjelaskan secara terperinci berkaitan dengan alur peminjaman alat. Alur peminjaman alat secara langsung dengan UKBMN, ada juga peminjaman sarana dan prasarana dengan memanfaatkan web atau aplikasi yang sudah difasilitasi pusat UNY.

Dengan terselenggaranya latihan keterampilan manajemen mahasiswa (LKMM) bagi keluarga mahasiswa magister dan doktoral FIP ini, harapannya mampu membangkitkan jiwa kepemimpinan dan kerjasama para organisator mahasiswa di bawah naungan KMMD.( laskar bka fip uny)