BIDANG KEMAHSISWAAN DAN ALUMNI FIP UNY GELAR PKKMB UNTUK MAHASISWA INTAKE SEMESTER GENAP 2022

Kebijakan UNY berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru tahun ini tidak seperti biasanya, yang pada tahun ini juga dilakukan di semester genap. Adalah program magister dan doktoral yang tahun ini menerima mahasiswa baru di semester genap tahun ajaran 2021/2022. Oleh karena itu, atas inisiasi Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan yang bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral, dapat melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktoral Intake Semester Genap Tahun 2022 terlaksana dengan lancar, aman, dan terkendali pada Sabtu (19/02/2022).

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang ditandai dengan pembukaan oleh Nur Cahyaningrum, Admin Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang pada acara kali ini berkesempatan menjadi Master of Ceremony (MC). Dilanjutkan sambutan oleh Dr. Sujarwo, M.Pd., selaku Dekan Fakuktas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam sambutannya, dekan menyampaikan penguatan dan spirit untuk senantiasa menjaga Fakultas Ilmu Pendidikan, sebagai pusat studi pendidikan bagi universitas-universitas pendidikan yang ada di Indonesia serta masyarakat umum secara luas. Selanjutnya, dekan menyampaikan kebijakan-kebijakan Fakultas Ilmu Pendidikan untuk mempertahankan segala hal baik dan meningkatkan kualitas dengan seoptimal mungkin.

Selanjutnya, penyampaian materi oleh jajaran dekanat yang menyampaikan seputar bidang masing-masing yang sejalan seirama dengan kebijakan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan. Jajaran dekanat ini meliputi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Penyampaian materi ini merupakan serangkaian acara PKKMB oleh fakultas.

Penyampaian pertama oleh Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama. Dalam penyampaian materi pertama ini, secara umum Doktor Cepi menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan iklim akademik magister dan doktoral Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dilanjutkan oleh Bambang Saptono, M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan. Bambang menyampaikan hal-hal yang terkait dengan sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan di Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada pemaparannya, Bambang menjelaskan secara detail terkait dengan gedung perkuliahan, perpustakaan, ruang dosen dan kaprodi, hingga gedung ormawa. Dengan harapan, fasilitas berupa sarana dan prasarana yang dimiliki FIP ini dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh para mahasiswa, terutama mahasiswa baru program magister dan doktoral yang mengikuti serangkaian acara ini.

Program kegiatan bidang kemahasiswaan dan alumni disampaikan oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Doktor Joko menitik beratkan pemaparan materi ini dengan strategi yang perlu dihadapi dari permasahan dan tantangan yang dihadapi Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Adanya permasalahan dan tantangan ini tentu harus disikapi secara bijak dan profesional, terlebih oleh mahasiswa magister dan doktoral intake semester genap ini, guna mendukung tercapainya segala program kegiatan yang sudah dicanangkan Bidan Kemahasiswaan dan Alumni.

Setelah penyampaian materi dari ketiga jajaran dekanat, dibuka sesi tanya jawab dan dilanjutkan selayang pandang oleh Ketua Keluaga Mahasiswa Magister dan Doktoral (KMMD) Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Adanya penyampaian selayang pandang ini untuk memberikan informasi terkait program kerja dan upaya fasilitasi KMMD kepada mahasiswa magister dan doktoral FIP secara umum, sehingga dapat mendukung kinerja fakultas ilmu pendidikan terhadap pencapaian kualitas output dan outcome dari lulusan porgram magister dan doktoral itu sendiri.

Akhirnya acara PKKMB fakultas ditutup. Selanjutnya, untuk memperoleh keutuhan informasi dan data secara spesifik berkaitan dengan program studi baik program magister maupun doktoral, acara dilanjutkan acara PKKMB yang difasilitasi oleh masing-masing program studi magister dan doktoral. (Laskar bka fip uny)