Dharma Wanita: Saling Peduli, Saling Berbagi, dan Saling Menguatkan

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak” QS Al-Hadid:18. Itulah yang petikan ayat yang terkandung dalam Al Quran yang mendasari Dharma Wanita FIP UNY bergerak di bidang social dalam rangka Dies ke 72 FIP UNY.

Sebagai rasa syukur atas Dies Natalis ke 72 FIP UNY, Dharma Wanita FIP UNY mengadakan kunjungan ke Yayasan Omah Ngaji untuk berbagi. “Dalam rangka dies kami mewakili Dharma Wanita FIP UNY ingin saling peduli, saling berbagi, dan saling menguatkan, hati kita kehadirat Tuhan Allah SWT melalui bentuk kegiatan kami,” demikian dikatakan Dr. Sujarwo, M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan mewakili rombongan Dharma Wanita FIP UNY dalam kegiatan kunjungannya ke Yayasan Panti Asuhan Omah Ngaji di Jalan Ringroad Timur, Sorowajan, Bantul Yogyakarta, pada hari Selasa (9/8).

Kegiatan ini diikuti dari FIP UNY, sebanyak 35 orang diantara Dekan, Wakil Dekan, Koordinator Administrasi, Ketua Dies, Koordinator Prodi, dan perwakilan dari Dharma Wanita FIP UNY. Sedangkan dari Omah Ngaji ada 40 santri, dan 10 pengasuh. Adapun bantuan yang disampaikan berupa sejumlah uang dan bahan

Kegiatan yang dilaksanakan secara santai dan merakyat ini, lebih lanjut Dr. Sujarwo mengatakan, “Mudah-mudahan kehadiran kami, di Omah Ngaji ini membawa keberkahan, meningk.atkan persaudaraan silaturahmi antara kami Fakultas Ilmu Pendidikan UNY dengan Yayasan Omah Ngaji ini bertambah dekat, bertambah akrab dan juga mampu meningkatkan visi kita masing-masing.”

Lebih lanjut Dekan FIP mewakili dari Dharma Wanita Fakultas Ilmu Pendidikan, menyampaikan, “ini adalah program unggulan dari Dharma Wanita FIP UNY dalam rangka kegiatan Dies Natalis ke 72 FIP UNY, dan juga merupakan kegiatan dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Kami sangat percaya kepada Bapak/Ibu Pengelola di Yayasan Omah Ngaji ini, bahwa apa yang kami bawa pada hari ini belum banyak memberikan upaya meringankan beban dari adik-adik santri, namun kami sangat yakin yang diberikan oleh Dharma Wanita yang kita lihat adalah keberkahannya.”

Mengakhiri sambutannya, Dr. Sujarwo menyampaikan bahwa, “Kami berusaha semaksimal mungkin bahwa apapun yang kita kumpulkan ini adalah hasil dari perkumpulan wargan FIP UNY yang disalurkan melalui Dharma Wanita. Yang penting bukan jenis ataupun harga dari yang kami serahkan, namun yang sangat penting adalah silaturahmi kita.”

“Pesan dari Dekan FIP mudah-mudahan adik-adik di Omah Ngaji ini dapat istiqomah, terus jalin komunikasi, dan mudah-mudahan dengan pertemuan ini Allah memberkahi, memberikan kemudahan bagi kita semua dalam rangka mengelola adik-adik semuanya,” Dr. Sujarwo menutup sambutannya.

Sedangkan dari Yayasan Omah Ngaji yang diwakili oleh Kang Rosyid menyampaikan bahwa Yayasan ini lebih dikenal dengan Nganu, yaitu Rumah Ngaji Nusantara karena santri berasal dari seluruh penjuru nusantara, ada yang dari Aceh bahkan dari Papua. Mudah-mudahan keberkahan bagi Indonesia, minimal dunia akherat.

“Terima kasih atas keberkahan dan diberi kesempatan silaturahmi dengan keluarga besar Fakultas Ilmu Pendidikan, dan mohon doanya akan membangun di daerah Wiyoro tanah sekitar 900 meter, dan sudah dibalik namakan, mudah-mudahan dapat membangun di sana tidak ngontrak lagi,”demikian disampaikan Kang Rosyid mewakili Yayasan Omah Ngaji.