Evaluasi Capaian IKU FIP UNY 2021

Univeristas Negeri Yogyakarta memperoleh Peringkat 2 Liga Indikator Kerja Utama Perguruang Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (IKU PTN BLU) tahun 2021. UNY memperoleh 5 medali emas IKU dari 8 IKU, yaitu IKU 1,2,6,7,8. Fakultas Ilmu Pendidikan, sebagai bagian dan UNY meraih peringkat 4 dari 7 fakultas terkait capaian IKU UNY. Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama , Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, di kegiatan Workshop Evaluasi Capaian Indikator Kerja Utama (IKU) Fakultas Ilmu Pendidikan UNY tahun 2021, via daring dan luring di Pacitan, 23 November 2021.

Prof. Siswantoyo mengapresiasi capaian FIP UNY dalam memberikan kontribusi positif dalam menyiapkan Liga IKU PTN BLU 2021. Prof. Sis, sebagaimana yang diminta oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., untuk memberikan motivasi dan pencerahan kepada FIP UNY dalam menyambut liga IKU 2022, memberikan gambaran capaian serta evaluasi IKU secara umum UNY, dan secara khusus untuk FIP.

Mengacu pada rambu – rambu akurasi data IKU 1 terkait tracer study, tahun 2021 UNY mencapai skor 4.789. “Agar di tahun 2022 terus meningkat, maka tahun 2021 mencari data sebanyak mungkin. Gerakan para alumni untuk mengisi tracer study,” pesannya.

Untuk IKU 2, tolong dipetakan matakuliah merdekan Belajar Kampus Merdeka (MBKB). “MBKB 20 sks bisa didapatkan dari KKN, magang, tugas akhir, matakuliah yang lain yg bisa dijadikan ekuivalensi,. Prestasi bisa diciptakan dari kegiatan akademik dan kemahasiswaan. Untuk menciptakan prestasi bisa dengan event. Jika tidak tidak ada event, bisa kita ciptakan event, dan jika kita ciptakan event, pastikan kita bisa menjadi salah satu juaranya,” katanya.

Terkait IKU 3, dosen mengajar di luar kampus, Prof. Sis meminta dosen untuk mengoptimalkan tridharma perguruan tinggi. Sedang praktisi mengajar di kampus, mengingat banyaknya Kerjasama UNY dengan mitra industri, atau lembaga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan IKU 3 ini.

Semua dosen mengisi sister (sistem informasi sumberdaya terintegrasi). Dengan kelengkapan data sister, ini sangat penting, karena mendukung data di iku 5. “Mari kita dorong bersama sama untuk mengisi sister, “ katanya

Kemitraan di IKU 6 ini, indikator capaiannya adalah semua prodi memiiki kerjasama. “Inputkan data kerjasma prodi di UNY di sistem sikers.uny.ac.id. Terkait kerjasama, U2IK lebih akitf, memetakan, apabila ada prodi yg belum memiliki kerjasama, jika belum ada, kita carikan kerjasama. Kerjasama yang sudah ada, silahkan ditindaklanjuti ke Implementation Arrangement (IA). Kegiatan apapun silahkan tindaklanjuti dengan IA . Setiap produk riset daftaran haki. FIP tambang emas, besok dikembangkan eduprenursip, baik dari media, metode, atau model . Coba petakan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tambahnya.

"Terkait kelas kolaborasi, bapak ibu pimpinan bisa mendorong untk mengunggah RPS (Rencana Pembelajaran Semester) di dalam program based learning. Untuk akreditasi internasional, tolong jangan salah pilih. Sesuaikan dengan yang direkomendasikan oleh DIKTI. Terkait kompetensi, Bapak ibu dosen di dorong agar memiliki sertifikat kompetensi," katanya

Sebagaimana diketahui bahwa Indikator Kinerja Utama yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

IKU terbaru yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 memiliki tiga indikator utama. Pertama, kualitas lulusan yang diukur dengan Lulusan mendapat pekerjaan yang layak, dan Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Kedua, kualitas dosen dan pengajar yang diukur dengan Dosen berkegiatan di luar kampus, Praktisi mengajar di dalam kampus, dan Hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat rekognisi internasional. Ketiga, kualitas kurikulum yang memiliki subindikator antara lain program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, Kelas yang kolaboratif dan partisipatif, serta adanya program studi berstandar internasional. (rit)

Tags: