FIP UNY Diminta Berbagi Strategi Optimalisasi Liga IKU oleh FIP UNG

Fakultas Ilmu Pendidikan UNY mendapatkan kunjungan benchmarking tentang IKU dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Senin, 13 Juni 2022. Turut hadir Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Koordinator Tata Usaha beserta para Sekretaris Jurusan selaku penanunggjawab database IKU tingkat jurusan.

Dalam kesempatan itu, rombongan dari UNG terdiri dari 8 orang, dipimpin langsung oleh Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd. Menurut Dr. Arwil tujuan kedatangan rombongan untuk belajar strategi meraih juara IKU. “Saat ini meski FIP UNG menjadi Fakultas Terbaik dalam IKU UNG, tetapi kami ingin belajar dari UNY, agar kami bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak lagi untuk UNG. Pesan dari pak Rektor agar UNG bisa masuk 10 besar”, katanya.

Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo M.Pd. menyambut baik kehadiran rombongan dari FIP UNG, dan berharap bisa saling sharing pengalaman terkait dengan IKU. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., turut menjelaskan strategi peraihan IKU di lingkup FIP UNY. Menurut Cepi, strategi yang dikembangkan FIP dalam pemeringkatan IKU diantaranya meliputi strategi perencanaan dan strategi manajemen dan organisasi. Strategi perencanaan meliputi penyiapan renstra, RKPT, kebijakan akademik dan penyusunan timeline pemeringakatan . “Strategi perencanaan ini diupayakan diarahkan ke 8 Indikator Kerja Utama”, katanya. Cepi menambahkan, Strategi Manajemen dan Organisasi meliput pertama manajemen terpadu antar lini, baik ditingkat fakultas maupun prodi. Kedua membuat taskforce per IKU. Ketiga Membuat Pusat Database. Keempat Selalu melakukan monitoring dan evaluasi. Kelima Mengadakan Liga UNY dan Liga FIP, mengadopsi dari Liga IKU. Keenam Memberikan motivasi kepada para dosen dan tim pemeringkatan. Ketujuh peningkatan SDM. Kedelapan Relokasi program dan kegiatan. Kesembilan relokasi dan alokasi anggaran pada prioritas IKU. (rit)

Tags: