SOSIALISASI ISO 9001 : 2008 DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNY

Senin 9 Agustus 2010, bertempat di ruang Abdullah Sigit Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY diselenggarakan acara Sosialisasi ISO (International Organisation of Standardization) versi 9001 : 2008. Acara tersebut diselenggarakan untuk jurusan-jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan yang belum memiliki sertifikat ISO. Karena perlu diketahui juga bahwa sebagian jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY sudah memiliki sertifikat ISO, diantaranya jurusan Administrasi Pendidikan, jurusan Kurikulum & Teknologi Pendidikan, jurusan Pendidikan Luar Biasa serta seluruh unit pelayanan (seluruh Subbag) di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Maksud dari upaya sertifikasi ISO tersebut adalah sebagai salah satu upaya dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNY dalam meningkatkan standart pelayanan dan standart mutu di kampus FIP UNY. Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum. dalam sambutan acara sosialisasi tersebut. Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan sertifikasi tersebut, dapat lebih memacu atau meningkatkan semangat kerja dari seluruh unit kerja yang ada agar berusaha memberikan yang terbaik bagi Fakultas Ilmu Pendidikan.
Pemateri dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Ir. Rosyadi, yang mana beliau merupakan konsultan dalam sertifikasi ISO. Dalam pemaparan presentasi, beliau menyampaikan satu judul yang cukup menarik yaitu “Ada Apa dengan ISO 9001:2008?”. dari judul presentasi tersebut, kemudian beliau menerangkan mengenai apa itu ISO?mengapa harus ada ISO?dan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memperoleh sertifikasi ISO?serta sejarah perkembangan ISO.
Seusai memaparkan presentasi tersebut, kemudian dibuka dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab tersebut, beberapa pertanyaan pun diajukan berkaitan dengan hal-hal apa yang perlu dipersiapkan dalam upaya untuk mengajukan sertifikasi ISO 9001:2008. Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB tersebut, akhirnya selesai pada pukul 12.00 WIB. (dk)