Webinar : Preparation Manuscript of International Journal

Tim Jurnal dan Kajian Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendikan Universitas Negeri Yogyakarta, meneyelenggarakan kegiatan Webinar yang bertajuk Preparation Manuscript of International Journal dengan narasumber Prof. Dr. Huseyin Uzunboylu, salah satu editor  jurnal internasional bereputasi Cyriot Journal of Educational Sciences, Senin, 5 April 2021, melalui virtualZoom Meeting.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd, dalam sambutanya menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan kepada para dosen khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, agar dapat meningkatkan kualitas artikel yang sudah dimiliki, untuk dapat submit hingga publish pada jurnal internasional bereputasi.

Prof. Dr. Huseyin Uzunboylu menerangkan bahwa paper idealnya harus sesuai dengan focus dan scope jurnal yang dituju. “Pada aspek substansi, suatu paper harus berasal dari temuan yang valid dan reliabel, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, bukan plagiasi dan memiliki kebaharuan temuan”, terangnya dalam bahasa Inggris. Beliau menambahkan, hal lain yang juga penting adalah paper yang dipersiapkan harus mengikuti author guidline yang diatur di setiap jurnal misalnya susunan paper berupa introduction, method, result, discuccion dan implementation.

Pada sesi akhir, beliau memperkenalkan Cyriot Journal of Educational Sciences kepada seluruh peserta seminar, cara melakukan submit dengan benar dan memberi informasi terkait proses review serta waktu yang diperlukan secara reguler setiap paper untuk dipublikasikan.

Kegiatan webinar ini dihadiri oleh kuranglebih 60 peserta baik dari dosen FIP UNY dan beberapa mahasiswa program magister. Tampak antusiasme peserta dengan bertanya kepada narasumber. Kegiatan ini didokumentasikan melalui youtube channel FIP UNY Official. (rit)