Mengukir Prestasi di Sulawesi

Nama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta kembali berkibar dalam ajang karya tulis. Mahasiswa FIP UNY kembali mengukir prestasi tingkat nasional. Satu tim dari PGSD Kampus III FIP UNY berhasil meraih juara III dalam Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) tingkat nasional yang diadakan oleh UKM KPI Universitas Hasanuddin Makassar bersama Kemenkominfo, MITI Indonesia, dan juga DIKTI. Tim tersebut beranggotakan Isna Hidayat (PGSD ’10), Des Maninda C.Dewi (PGSD ’10) dan Lutfiana (PGSD ’11). LKTM tersebut terangkai dalam rangkaian acara Indonesian Youth Festival of Science (INOVASI) 2012 yang dilaksanakan pada tanggal 2-5 Nopember 2012. Acara taersebut mengusung tema  “Membangun Teknologi Maritim Berbasis Pendidikan Karakter Menuju Kemandirian Bangsa”. UNY memberangkatkan dua tim dalam acara INOVASI 2012 kali ini. Satu tim dari PGSD FIP UNY dan satu lagi perwakilan dari UKM Penelitian UNY.

Isna Hidayat dan kawan-kawan berhasil menjadi juara III dari 15 tim yang telah melalui seleksi tahap I. Karya tulis ilmiah yang diusung oleh kelompok tersebut berjudul “Dolpina; Media Penanaman Wawasan Nusantara sebagai Implementasi Pendidikan Karakter”. Dengan berkonsentrasi pada bidang kajiannya pendidikan pada siswa Sekolah Dasar, gagasan yang diusung oleh tim tersebut mendapat apresiasi besar dari dewan juri, di tengah kondisi pendidikan Indonesia yang dinilai masih carut marut. Diantara 3 dewan juri yang salah satunya merupakan salah satu staff ahli MITI Indonesia memberikan apresiasinya terhadap kepedulian tim tersebut dalam menanamkan karakter cinta kebersihan dan cinta lingkungan pada siswa SD. Keluar sebagai juara I tim dari Fakultas Teknik Metalurgi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan juara II diraih oleh tim dari Fakultas Teknologi Pangan Universitas Brawijaya Malang.

Pengumuman serta penyerahan hadiah dilakukan pada tanggal 5 November 2012 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Ir. H. Tifatul Sembiring di gedung IPTEKS Universitas Hasanuddin Makasar. Rangkaian acara INOVASI 2012 diakhiri dengan kegiatan Seminar nasional dengan keynote speaker Menteri Komunikasi dan Informatika dengan tema yang sama dengan tema umum INOVASI 2012 “Membangun Teknologi Maritim Berbasis Pendidikan Karakter Menuju Kemandirian Bangsa. Dalam seminarnya disampaikan bahwa diperlukan adanya inovasi-inovasi tenologi terkini guna mewujudkan kemandirian bangsa Indonesia ini di segala bidang. (is/des/lut/ant)