Pencanangan Dies Natalis ke-49 UNY

Dies natalis tahun 2013 dilatarbelakangi oleh suatu realitas bahwa pada saat ini bangsa Indonesia menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan, seperti menurunnya nilai-nilai kehidupan sosial, kurang berfungsinya lembaga sosial, dan arus globalisasi. Di samping itu, sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia belum mampu mencapai tingkat kemandirian yang optimal, baik di bidang ekonomi, politik, maupun kebudayaan.  Oleh karena itu, kegiatan Dies ke-49 ini, diharapkan mampu membangkitkan dan mengembangkan kesadaran, kepedulian, dan tanggung jawab sivitas akademika UNY pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya  untuk membangun dan mewujudkan bangsa Indonesia yang mandiri, berdaulat, adil, dan makmur sebagaimana diproklamasikan oleh “founding father” bangsa ini.

Demikian dikemukakan Dr. Sugito, MA selaku ketua panitia dies natalis UNY di Stadion Atletik UNY dalam pencanangan peringatan dies natalis UNY ke-49, Jumat, 1 Maret 2013. Rangkaian kegiatan dies natalis yang bertema “Pendidikan untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa” secara resmi dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, yang ditandai dengan pelepasan rangkaian balon udara yang berisi uang satu juta rupiah.

Dalam sambutannya Rektor UNY mengungkapkan harapannya agar setiap fakultas atau unit di UNY mengupayakan suatu unggulan yang didasarkan pada benchmark internasional berbasis keunggulan lokal dalam rangka mengakselerasi peningkatan posisi UNY di antara universitas lain di Indonesia dan dunia. “Untuk itu implementasi SMM ISO 9001-2008 secara istiqamah perlu terus dilakukan di samping kita upayakan tahun 2013 ini untuk pemerolehan ISO Lab 17025,” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA.

Rektor juga mengingatkan bahwa tahun 2013 UNY akan menjadi tuan rumah The Pacific Network for Moral Education (APNME) dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-13. Untuk itu sivitas akademika UNY diminta agar ikut mendukung dan menyukseskannya.

Dies natalis UNY ke-49 tahun ini selain ditandai dengan senam massal juga ada penanaman pohon yang dilakukan secara simbolis oleh Rektor UNY dan Kepala Cabang BNI KCU UGM, Wisnaldi. Pada kesempatan ini BNI juga menyumbangkan seribu pohon dalam rangka mendukung program go green di lingkungan UNY guna menambah kenyamanan dan kesejukan yang kondusif untuk kegiatan belajar. (Dedy)