Workshop Peningkatan Kerja Pegawai FIP UNY

Apakah dari hal kecil dan remeh dapat mengubah kehidupan? Jawabannya BISA. Pengabaian hal sekecil apapun dapat berpengaruh secara signifikan terhadap masa depan dan hidup kita. Demikian yang diungkapkan oleh Rahmat Hidayat, M.Sc., Ph.D. sebagai pemateri Workshop Peningkatan Motivasi Kerja Pegawai FIP UNY yang diadakan di ruang Abdullah Sigit pada hari Sabtu (23/3). Hal kecil dan remeh ini kemudian diumpamakan sebagai pekerjaan kita. Seperti yang dicontohkan oleh beliau yaitu petugas parkir kampus. Ketika tidak ada kendaraan hilang, banyak dari kita menganggap remeh profesi tersebut. Namun ketika ada kendaraan hilang, kita baru merasakan betapa pentingnya profesi petugas parkir.

Dalam hal pekerjaan beliau membagi dalam konteks bekerja dan berkarier. Bila dalam konteks bekerja, diri kita hanya digunakan sebagai alat, yang makin lama digunakan makin aus. Beda halnya dengan berkarier yaitu focus pada diri sendiri dengan lebih taking care. Dalam artian semakin lama kita bekerja, semakin meningkat pula kapasitas diri kita. Falsafah buah kelapa makin tua makin bersantan.

Pada sesi berikutnya disampaikan langsung oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. dan Wakil Dekan II, Sungkono, M.Pd. yang memberikan materi mengenai kesinergian antar unit dan karyawan dalam dunia kerja. Dalam mencapai Visi Misi FIP, semua karyawan memiliki peran dan fungsi yang besar. Dalam artian tidak ada yang diremehkan dalam porsi pekerjaannya. (ant)