Festival Dolanan Anak Tradisional

Kegiatan Festival Dolanan Anak dalam rangka Dies Natalis UNY ke-49 dilaksanankan pada hari Rabu, 1 Mei 2013 bertempat di Auditorium UNY. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kembali dan melestarikan dolanan anak tradisional yang mulai tergeser oleh permainan modern. Padahal didalam dolanan anak tradisional tersirat banyak nilai-nilai kehidupan yang penting dalam proses tumbuh kembang anak baik fisik maupun psikisnya.

Kegiatan Festival Dolanan Anak Tradisional ini dibuka oleh Dr. Haryanto, M.Pd selaku Dekan FIP UNY ditandai dengan pemukulan gong, dan penyerahan Piagam Penghargaan kepada masing-masing TK mitra yang menjadi peserta festival oleh Dekan FIP UNY kepada masing-masing Kepala TK. Pementasan karawitan oleh mahasiswa PG PAUD juga ikut memeriahkan acara ini. Pada kegiatan festival ini juga mendatangkan tamu kehormatan dari anak-anak SLB N 2 Bantul yang mementaskan tari “Jaran Rijal”.

Delapan kelompok yang menjadi peserta Festival Dolanan Anak Tradisional yang berasal dari wilayah DIY dan Jawa tengah ini, menampilkan berbagai macam dolanan tradisional seperti jamuran, blarak sempal, sekar puyang, gotri, jaranan dan masih banyak lagi.  Para tamu undangan dan penonton yang menyaksikan festival ini sangat terpukau dengan pertunjukan masing-masing peserta. Juri dari kegiatan festival ini adalah Faisal Nur Singgih, S.P, Agnes Widiasmoro, M.A, dan Sectyo Rini, M.Hum.

Hadir sebagai juara I dari festival dolanan anak tradisional ini adalah TK Pedagogia, disusul juara II dari TK ABA Nitikan, juara III dari TK Kemala Bhayangkari 53 Surakarta, juara harapan I dari TK Budi Mulia II dan juara harapan II dari TK ABA Al-Hikmah Kretek. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Tropy dan uang pembinaan kepada masing-masing juara dan partisipan. (tami/ant)