Kunjungan dari wakil Asia Education Foundation, Australia

Jumat (5/7) 9 guru dari Sekolah dasar sampai sekolah menengah atas dari Australia yang tergabung dalam Asia Education Foundation, datang mengunjungi Fakultas Ilmu Pendidikan. Kedatangan mereka bertujuan untuk mengeksplorasi kebudayaan termasuk unsur sejarah, agama, kesenian dan lingkungan geografis, mempelajari tentang system kependidikan, kurikulum, fasilitas, sarana prasana, dan sumber daya kependidikan. Sebelumnya mereka telah mengunjungi beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah di Jakarta dan Jogjakarta. Setelah Jogjakarta akan diteruskan ke Magelang dan Surabaya. Menurut Robert Skillern, pimpinan rombongan, Indonesia merupakan Negara demokrasi ketiga di dunia yang memiliki keragaman agama, suku, budaya yang bisa banyak diserap sebagai bahan pembelajaran untuk pendidikan dunia terutama di Australia.

Pada sesi diskusi para guru tersebut mencoba menguak bagaimana system pendidikan di Indonesia ini berjalan. Hadir pula Dekan FIP UNY, WD I, II, III FIP beserta beberapa dosen yaitu Dwi Esti Andriani, S. Pd., M. Pd., MEdSt, dr. Atien Nur Chamidah dan Suyantiningsih, M.Ed  untuk menjawab banyak pertanyaan dari para Guru tersebut.  Mereka banyak menanyakan tentang bagaimana pelajaran agama disampaikan, pengaplikasian Pancasila dalam system pendidikan di Indonesia. Mereka menggarisbawahi pula teknologi yang digunakan dalam pendidikan di Indonesia. Robert mengungkapkan pula besaran gaji yang diperoleh para guru di Australia untuk menunjang tenaga pengajar mereka.

Selanjutnya hasil dari diskusi tersebut akan digunakan untuk sumber pembelajaran untuk pelajar Australia. Sumber tersebut mencakup ilmu kebahasaan, ilmu pengetahuan, seni dan budaya, sejarah, geografi, ilmu kewarganegaraan, agama dan ilmu ekonomi bisnis. (ant)