Joint Research Chiang Mai University Thailand dengan FIP UNY

Jumat (6/9) Sebanyak 6 perwakilan dosen dari Chiang Mai University mengunjungi FIP UNY.  Disambut oleh Dekan FIP UNY Dr. Haryanto, M.Pd. WD I, II, III serta perwakilan dosen dari masing-masing jurusan. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk membahas rencana penelitian dan penelitian yang sebelumnya telah dilakukan oleh dosen di CMU. Menempati Ruang Sidang 1 FIP UNY, tiga dosen dari pihak Chiang Mai yaitu Asst. Prof. Pongsak Pankaew, Ph.D., Assoc. Prof. Ratchaneekorn Tongsookdee, Ph.D., dan Asst. Prof. Rajchukarn Tongtaworn, D.Ed. menjelaskan penelitian yang akan diangkat dalam joint research.

Pertama adalah rencana penelitian mengenai bagaimana akomodasi dan modifikasi pembelajaran untuk siswa dengan ketidakmampuan  belajar (learning disabilities) di sekolah dasar inklusif. Penelitian kedua mengenai life and career skills mahasiswa CMU. Adapun penelitian ketiga adalah penelitian yang sudah berlangsung mengenai pemanfaatan mainan tradisional Thailand dalam pembelajaran siswa SD. Penelitian-penelitian tersebut dipresentasikan dan didiskusikan bersama dosen di lingkungan FIP UNY yang memiliki arah atau minat penelitian yang relatif sama. harapannya adalah dosen FIP UNY akan mengembangkan kajian dalam penelitian dari CMU tersebut dengan merancang penelitian yang bertema sama di Indonesia dan kemudian membuat studi komparasinya.

Acara berlanjut ke Studium Generale yang dihelat pada hari Senin 9 September. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan seluruh dosen FIP UNY. Pada presentasinya, Asst. Prof. Pongsak Pankaew, Ph.D. menjabarkan tentang sistem pendidikan di Thailand. Dari presentasi dan video yang ditayangkan system pendidikan di Thailand hampir memiliki kesamaan dengan Indonesia. Acara diakhiri dengan serah terima cindera mata. (ant/aini)