Taklukkan Dunia dengan Wirausaha

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah bidang kewirausahaan menyelenggarakan seminar kewirausahaan 2013 pada tanggal 5 Oktober 2013. Acara dimulai pukul 08.30 di Hall Abdullah Sigit lantai 3 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dan dibuka oleh dosen pendamping mahasiswa PLS Dr. Iis Prasetyo, MM. Dalam amanahnya beliau menyampaikan bahwa orietasi pengembangan Jurusan PLS FIP UNY kedepan adalah mendorong mahasiswa menjadi penggiat kegiatan kewirausahaan khususnya kewirausahaan sosial yang ditunjang dengan optimalisasi modal sosial masyarakat. Wirausaha sosial bermakna tidak hanya meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat secara individual, namun lebih mengarah pada pemberdayaan dan pengembangan masyarakat melalui kegiatan wirausaha.

Menurut Nur Hiddayati, ketua panitia, seminar ini diadakan untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat khususnya mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah agar termotivasi untuk memulai sebuah usaha sendiri. Untuk mendukung tujuan tersebut, seminar kali ini menghadirkan dua pelaku wirausaha di Yogyakarta, yaitu Bapak Iwan Setiady (Owner Pecel Lele Lela Cabang Yogya) dan Bapak TO. Suprapto (Owner Joglo Tani Yogya) sebagai pembicara. Masing-masing pembicara menyampaikan tentang pengalamannya berwirausaha. Bapak Iwan menyampaikan beberapa pengalaman serta tips dan trik untuk memulai sebuah usaha profit-oriented. Selain owner Pecel Lele Lela Cabang 5 Yogya, bapak Iwan ini juga memiliki prestasi sebagai pemuda pelopor dalam bidang kewirausahaan tahun 2008. Berbeda dengan Pak Iwan, Pak TO sebutan dari owner Joglo Tani ini menyampaikan pengalaman wirausahanya dalam bidang sosial atau sering disebut wirausaha sosial. Hampir sama dengan pembicara pertama, Pak TO ini menyampaikan tips dan trik sukses berwirausaha. Namun, materi yang disampaikan owner Joglo Tani ini lebih condong kepada wirausaha sosial dalam bidang pertanian.Kedua pembicara mendapatkan respon yang baik dari peserta, dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang ingin bertanya.

Seminar yang mengusung tema “Taklukan Dunia dengan Wirausaha” ini dihadiri oleh lebih kurang 200 peserta yang terdiri dari unsur mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta, seperti Instiper, UMY, UGM, UII, UTY, UAD, kalangan siswa SMA serta masyarakat umum. Acara berlangsung secara meriah dan lancar, terlebih lagi ketika peserta mendapatkan doorprize yang tersembunyi di bawah kursi peserta. Dan ditambah dengan pemberian ice breaking dari Ketua HIMA Pendidikan Luar Sekolah yang atraktif.

Keberhasilan acara seminar kewirausahaan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh panitia dan dukungan dari pihak Jurusan Pendidikan Luar Sekolah serta sponsor-sponsor dan media partner yang berpartisipasi dalam acara ini.

“Saya bangga dengan acara seminar kewirausahaan ini karena telah memperkenalkan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah ke masyarakat luas.” Ungkap Fikri Nur Cahya, Ketua HIMA Pendidikan Luar Sekolah 2013, ketika di akhir evaluasi acara. Lebih lanjut seminar ini diharapkan mampu memberikan semangat pada wirausaha muda untuk tidak sekedar berwacana namun berani bertindak untuk merealisasikan ide wirausahanya. (vhe/ant)