Baksos KMIP FIP UNY Goes to Gunungkidul

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan (KMIP) mengadakan kegiatan bakti sosial pada 14 dan 15 Oktober 2013. Acara bakti sosial yang bertajuk "Merajut Ukhuwah dan Membangkitkan Semangat Keislaman dalam Kebersamaan idul Adha" tersebut digelar di Dusun Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Dalam acara bakti sosial tersebut diadakan beberapa kegiatan, yakni outbond bagi anak-anak di Dusun Purwodadi, diskusi mengenai keorganisasian dengan kelompok pemuda di Dusun Purwodadi, pengajian bersama ibu-ibu, dan penyembelihan hewan qurban. Hewan qurban yang disembelih berjumlah enam ekor kambing yang didapatkan dari beberapa donatur, diantaranya dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan berasal dari dekanat FIP UNY.

Terlihat antusiasme warga masyarakat Dusun Purwodadi, Tepus terhadap kegiatan yang diadakan oleh KMIP. Salah seorang perwakilan warga Dusun Purwodadi, Sapari, dalam sambutan pembukaan acara mengucapkan terimakasih kepada pihak KMIP UNY yang telah berkenan hadir untuk berbagi di Dusun Purwodadi. Sapari berharap kegiatan yang diadakan dapat bermanfaat bagi kemajuan Dusun Purwodadi.

Kegiatan bakti sosial KMIP di Dusun Purwodadi tahun ini merupakan kali kedua KMIP mengadakan bakti sosial di Dusun Purwodadi setelah sebelumnya pada tahun 2001 KMIP juga mengadakan bakti sosial di tempat yang sama. Dusun Purwodadi sendiri berjarak dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor jika dari Kota Yogyakarta dan berjarak 45 menit dari Kota Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul. Berada di tempat yang cukup jauh dari wilayah perkotaan membuat pembangunan di wilayah Purwodadi cukup tertinggal. Daerah Tepus sendiri terkenal dengan daerah yang sering kekurangan air. Realita di atas menjadi salah satu alasan KMIP mengadakan bakti sosial di tempat tersebut, yakni untuk berbagi kebahagiaan bersama. (hjakbr/ant)