Mahasiswa Bidikmisi FIP UNY Mengikuti Konferensi Di Thailand

Program The 6th International Conference on Educational Research (ICER) 2013 merupakan program tahunan yang diadakan oleh Faculty of Education, Khon Kaen University, Thailand. Dua orang mahasiswa bidikmisi dari Prodi Pendidikan Luarbiasa FIP UNY berkesempatan mengikuti acara tersebut. Mereka adalah Suci Rahmawati dan Rohmatus Naini yang memaparkan makalah berjudul “Picture Cards Media: Type Articulation Errors Identify for Deaf Children” yakni media kartu bergambar sebagai salah satu media yang dapat membantu dalam mengindentifikasi kesalahan artikulasi untuk anak tunarungu. Kartu bergambar ini dibuat sederhana berbasis pengetahuan anak sehari-hari, misal: (A-Api, B-Becak, C-Cicak, dst). Harapannya hasil identifikasi ini membantu guru untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai karakteristik

Dalam kegiatan yang berlangsung pada 13—16 Septerber 2013, peserta berasal tidak hanya dari Thailand, tetapi diikuti oleh negara-negara lain selain Indonesia, yakni Philipina, Chile, India, USA, Vietnam, Hongkong, Australia, dan Jepang. Selain oral presentation, juga terdapat poster presentation.

Keynote speaker yang tampil di antaranya, Associate Professor Dr. Witaya Jeradechakul yang menjabat sebagai Director of SEAMEO Secretariat yang memaparkan mengenai Professionalism in the Context of Human Resourch Educational Research, Professor Susan Grieshaber dari The Hongkong Institute of Education yang memaparkan tentang Play and Equity in the Early Years, yang mengetengahkan pentingnya dunia bermain anak saat usia dini. Keynote speaker kedua ini sangat mengesankan karena pemaparan yang menarik.

Keynote speaker selanjutnya adalah Professor Dr. Michael Kleine dari University of Bielefeld, Germany dengan makalah Mathematical Modeling and Learning Environment: Emergency Situations as Real World Problem. Michael Kleine memaparkan model pembelajaran matematika dengan modul yang berbasis pada pembelajaran lingkungan tempat implementasi pembelajaran ini pada hal-hal yang berkaitan dengan bencana alam.

Tiga pemakalah lainnya adalah Prof. Dr. Soledad A. Ulep dari University of the Philiphines National Institute for Science and Mathematics Education Development, Assoc. Prof. Dr. Masami Isoda dari University of Tsukuba, Japan, dan  Dr. Somkiat Chobphol yang menjabat sebagai Advisor to the project under the royal initiative of HRH princess Maha Chakri Siridhorn. Rohmatus Naini berharap agar mahasiswa UNY dapat mempresentasikan karya terbaiknya pada ICER tahun depan. (Rohmatus Naini)