Workshop Creative Teaching with 55 Games

Minggu (10/11), Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) menggelar workshop dengan tema “Creative Teaching with 55 Games”. Workshop ini merupakan salah satu rangkaian acara tahunan PPB Expo 2013 yang terdiri dari bazar buku, lomba futsal se-FIP UNY, diskusi ilmiah mahasiswa BK, lomba essay SMA se-DIY, BK Go Public, dan donor darah. Tema workshop tersebut terinspirasi dari sebuah buku buah karya dari Dr. Suwarjo, M.Si (WD III) dan Eva Imania Eliasa, M.Pd (pendamping mahasiswa BK). Workshop yang diikuti sejumlah ±100 orang dari berbagai kalangan ini menempati ruang Abdullah Sigit FIP UNY.

Eva Imania sebagai pembicara tunggal menjelaskan teori dan aturan berbagai permainan/ games sekaligus mengajak para peserta untuk mempraktikkannya. Permainan dikategorikan menjadi 4, yaitu permainan tanpa media, permainan media sederhana, permainan berisiko, dan permainan dengan multimedia. Beberapa nama permainan yang dipraktikkan adalah Ayo Tepuk Konsentrasi, Tangkap Tangan, Strip Seven, Berdiri Bersama, David Say, I’ve Got You, Terjerat Tali, The Romantic Love Letter, Wortel-Telur-Kopi, dan Bola Kapas.

Melalui acara ini diharapkan khususnya para mahasiswa BK dapat mempunyai bekal untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menangani siswa, sehingga menjadi sosok guru BK yang selalu dirindukan kehadirannya. (wah/ant)