Ide Gila untuk Penciptaan PKM

Jumat (22/11) Ide Gila! Tak ada penemuan yang mendobrak bila tidak ada ide gila. Meskipun masih dalam bentuk pikiran dan sulit diwujudkan, tumpahkan dalam tulisan. Ungkap Rachmat Nurcahyo, M.A. dalam pelatihan PKM GT AI (Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tulis dan Artikel Ilmiah) untuk mahasiswa FIP UNY. Lebih lanjut dalam PIMNAS, banyak sekali ide-ide gila yang telah berhasil tercipta dan diwujudkan. Untuk memancing banyak ide gila tersebut, mahasiswa haruslah banyak membaca. Seperti yang dikatakan oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. dalam pembukaan acara yang dihadiri sekitar 200 mahasiswa ini.

Pada sesi berikutnya Satino, M.Si. Dosen FMIPA menerangkan bahwa PKM-GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide-ide kreatif, unik,  dan bermanfaat sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Visioner, menyelesaikan permasalahan yang telah sedang dan akan terjadi, dan dibuat terstruktur dan tervalidasi merupakan syarat tema PKM GT.

Sedikit teknis pembuatan PKM yaitu Judul. Judul dibuat ringkas, tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dipecahkan, dan tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam Ada kreativitas baru dan original yang meliputi modifikasi, penyempurnaan, pengembangan dan inovasi. Kemudian isi haruslah berisi gagasan kreatif yang menawarkan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat. Lalu tidak bersifat emosional atau tidak subjektif, didukung data dan atau informasi terpercaya, berdasar telaah pustaka atau fiksi-sains, materi merupakan isu mutakhir atau aktual dan yang terakhir karya harus Asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi. (ant)