Kolaborasi FT Dan FIP Juara I Pil 2013 Di Unhalu

Hardika Dwi Hermawan (Pend. Teknik Informatika), Umi Fatimah (Pend. Teknik Informatika), dan Nurrina Dyahpuspita (PGSD Kampus Wates) berhasil meraih juara I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional, Pekan Ilmiah LSIP (PIL) 2013 pada tanggal 12-14 Desember 2013 di Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. Pekan Ilmiah LSIP (PIL) 2013 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Lingkar Studi Ilmiah Penalaran (LSIP) Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. PIL 2013 dirangkaikan dengan Temu Wilayah Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia (MITI) Klaster Mahasiswa, Seminar Sosiotechnopreneurship, Workshop Beasiswa Dalam dan Luar Negeri, Kompetisi Ilmiah Tingkat SMA dan Mahasiswa Tingkat Nasional (Karya Tulis Ilmiah dan Esai). Tema yang diangkat dalam Pekan Ilmiah LSIP 2013 ini adalah “Masyarakat Ilmiah untuk Indonesia Madani”.

Lomba  Karya  Tulis  Ilmiah  PIL  2013 merupakan  ajang  bagi  siswa  maupun  mahasiswa  Indonesia  untuk  menyalurkan pemikirannya dalam bentuk inovasi, gagasan, konsep dalam ranah menggali potensi bangsa menuju indonesia berkarakter. Tema Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diangkat adalah “Eksistensi Budaya Lokal Menuju Kemandirian Bangsa.” Meliputi Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial, Hukum, Pangan dan Teknologi.

Finalis 5 besar Lomba  Karya  Tulis  Ilmiah  Mahasiswa Tingkat Nasional PIL 2013 berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Medan, Institut Pertanian Bogor, dan 2 tim berasal dari Universitas Brawijaya. Kolaborasi 2 mahasiswa FT dan 1 mahasiswa FIP ini mengangkat judul “Game ‘Visit Indonesia Quiz’ sebagai Media Pembelajaran untuk Mengenalkan Keanekaragaman Wisata dan Budaya Indonesia Berbasis Android”.

Menurut Umi Fatimah, Game “Visit Indonesia Quiz” merupakan game yang sangat menarik dan cocok dimainkan semua kalangan karena sifatnya yang mudah dan menguji pengetahuan kita tentang wisata dan budaya Indonesia.  Game “Visit Indonesia Quiz” juga dilengkapi dengan berbagai fungsi yang sangat menarik untuk dimainkan. Selain para juri, para finalis lain yang terdiri dari siswa dan mahasiswa sangat  tertarik untuk menginstal dan mencoba permainan ini.

Dengan adanya Game “Visit Indonesia Quiz” diharapkan dapat menjadi terobosan baru di bidang pendidikan dan teknologi untuk membantu memperkenalkan kembali wisata dan budaya Indonesia berbasis Android. (FT/Dika)