Semarak HUT RI di FIP UNY

Minggu (17/8), peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-69 di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Semarak dan penuh semangat, begitulah sedikit gambaran suasana peringatan HUT RI ke-69 di FIP UNY. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada peringatan HUT  RI ke-69, FIP UNY mengadakan lomba yang diikuti oleh perwakilan seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di lingkungan FIP UNY.

Acara lomba dalam rangka HUT RI ke-69 ini dilaksanakan di Taman Ki Hadjar Dewantara yang sebelumnya telah didekorasi sedemikian rupa menyesuaikan dengan tema HUT RI ke-69. Acara dimulai pukul 09.30 wib dan dibuka secara langsung oleh Dekan FIP UNY, Dr.Haryanto, M.Pd. Turut hadir pula dalam pembukaan lomba, diantaranya Wakil Dekan III FIP UNY, Dr.Suwarjo, M.Si. beserta jajaran dekanat dan pendamping mahasiswa FIP UNY.

Seluruh peserta lomba yang merupakan mahasiswa dibagi menjadi 12 kelompok oleh trainer lomba.  Setiap kelompok harus mengikuti 4 jenis lomba yang disiapkan diantaranya lomba estafet karet, lomba estafet plastik, lomba mengambil koin dalam tampah yang dipenuhi dengan tepung dan terakhir adalah lomba estafet bola. Dari keempat lomba yang dipertandingkan tersebut, ada lomba yang paling membuat riuh peserta adalah lomba mengambil koin dalam tampah berisi tepung karena butuh perjuangan dan juga pengorbanan seluruh peserta yang rela muka dan bajunya kotor terkena tepung.

 “Saya terkesan dengan sedikitnya jumlah panitia tetapi dapat mempersiapkan acara yang luar biasa. Lomba-lomba yang disajikan pun mengandung pesan-pesan moral yang baik mengenai semangat kebangsaan,” ungkap Eka, perwakilan dari UKM-F Reality. Eka berharap kedepan acara tersebut bisa lebih baik. Menurutnya kurangnya publikasi dan kurangnya persiapan membuat acara kurang ramai.

Acara lomba peringatan HUT RI ke-69 berakhir pukul 14.00 wib dan ditutup secara langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr.Suwarjo, M.Si. yang setia mendampingi hingga acara lomba berakhir. Dr. Suwarjo berharap acara yang telah dilaksanakan dapat memotivasi mahasiswa dalam berprestasi. (Wening Endah /PG PAUD 2012)