Baksos KMIP UNY 2014 di Idul Adha 1435 H

Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan (KMIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan kegiatan bakti sosial di Padukuhan Donomulyo, Nanggulan, Kulonprogo pada hari Sabtu dan Minggu (04-05/10). Acara tahunan yang rutin digelar setiap hari raya Idul Adha ini bertemakan “Merajut Ukhuwah dan Membangkitkan Semangat Keislaman dalam Kebersamaan Idul Adha”.

Menurut Ketua KMIP UNY, Ibnu Aji Setiawan, acara rutin digelar setiap Idul Adha untuk meningkatkan rasa solidaritas dan berbagi kepada sesama. Ibnu Aji menambahkan, kegiatan utama bakti sosial KMIP adalah penyembelihan hewan qurban yang berhasil diperoleh KMIP UNY. Hewan qurban yang disalurkan oleh KMIP UNY diantaranya berasal dari Lembaga Tutorial PAI FIP UNY, mahasiswa FIP UNY, dan lembaga Daarut Tauhid. Selain penyaluran hewan qurban, acara bakti sosial juga diisi dengan kegiatan takbir keliling bersama warga Padukuhan Donomulyo dan juga penyaluran pakaian layak pakai untuk warga masyarakat padukuhan Donomulyo.

Acara penyembelihan hewan qurban sendiri berlangsung dengan lancar. Warga setempat terlihat antusias menyambut kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dipusatkan di Masjid Al Huda, Donomulyo. Hal tersebut dibuktikan banyaknya warga yang bahu membahu membantu penyembelihan hingga pemotongan daging qurban.

Ketua Tutorial PAI FIP UNY, Muhammad Kharits bersyukur pada tahun ini Tutorial PAI FIP berhasil menyalurkan dua ekor hewan qurban yang berasal dari dana sumbangan mahasiswa peserta Tutorial PAI FIP UNY. Kharits berharap acara sejenis dapat terus terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat. “Kegiatan bakti sosial harus terus dilaksanakan dan tidak hanya saat Idul Adha saja, namun juga diwaktu lain karena masih banyak warga yang membutuhkan uluran tangan. Mahasiswa sebagai agen perubahan harus menjadi pelopor,” tutup Kharits. (akb/ant)