Program Mahasiswa Wirausaha FIP UNY 2014

Jumat (7/11) Kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha ini dilatarbelakangi antara lain Penduduk miskin di Indonesia relatif tinggi, kemudian Jumlah pengangguran sebanyak 11% (tahun 2009), lalu lulusan perguruan tinggi masih berfikir untuk mencari pekerjaan dari pada menciptakan pekerjaan dan Sistem perkuliahan tidak membuat mahasiswa percaya diri untuk berwirausaha, demikian ungkap Dr. Iis Prasetyo, M.M. selaku pembicara dalam acara yang digawangi oleh bidang III ini. Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa Program mahasiswa wirausaha merupakan program prioritas dikti yang pelaksanaannya didelegasikan kepada perguruan tinggi sebagai kelanjutan program-program sebelumnya. Mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat wirausaha, dipacu untuk memulai berwirausaha dengan basis IPTEKS yang sedang dipelajarinya.

Adapun tujuan dari PMW yang diadakan di ruang Abdullah SIgit ini yaitu bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir dari pencari kerja (jobseeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi pengusaha yang tangguh dan suskes menghadapi persaingan global. Mahasiswa yang berminat dalam ini dapat mendapat beberapa fasilitas sebagai berikut Diklat kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan (berupa pinjaman), dan pendampingan usaha. Sebagai tambahan, UNY bekerjasama dengan UKM dalam bimbingan praktis wirausaha. Tambah Iis lagi.

Pada sesi kedua, acara diisi oleh Andang Kirana dari PT. Pelatih Indonesia. Beliau adalah Praktisi Bisnis Life Coach & Business Coach. Aktifitas Organisasinya antara lain sebagai Anggota dan Alumni ASEAN-China Youth Exchange Leaders, Ketua Bid. UKM dan Koperasi BPD HIPMI DIY, Ketua Yogyakarta Entrepreneur Centre, Field Supervisor Yayasan Hoshizhora, Aktif dalam berbagai kegiatan Entrepreneur & Sosial Entrepreneur di Indonesia. Andang Kirana memberikan pengertian bahwa dalam Enterpreneur, perlulah didampingi Coach sebagai pendamping mencapai goal, sebagai triner untuk transfer knowledge, sebagai motivator memberi semangat dan mentor sebagai teman berbagi pengalaman.

Sesi terakhir didampingi oleh Dr. Iis Prasetyo, M.M. yaitu diisi dengan workshop Penyusunan Proposal Program Mahasiswa Wirausaha. Kegiatan ini diikuti 230 mahasiswa yang akan berlomba dalam dunia wirausaha. (ant)