Character Building Center FIP UNY

Character Building Center (CBC) adalah salah satu program BEM FIP 2014 yang bertujuan untuk membentuk karakter. Kegiatan ini khusus ditujukan kepada para maba angkatan 2014. Kegiatan ini disusun menjadi beberapa rangkaian kegiatan , yaitu studium general  yang dilkasanakan pada Sabtu (25/10), training pada Minggu (26/10), dan writing camp pada 22-23 November. Tidak hanya sampai disitu, para peserta juga diminta untuk melakukan jelajah nusantara pada 1-7 Desember dan diakhiri dengan launching buku karya peserta yang akan dilaksanakan pada Rabu (31/12).

 Kegiatan CBC dilaksakan tidak hanya di FIP, tetapi  juga di luar kampus. Studium General (SG) dan training dilaksanakan di Hall Abdullah Sigit, writing camp bertempat di pusat rehabilitasi YAKKUM Jl. Kaliurang km.13, sedangkan untuk jelajah nusantara tempatnya sesuai dengan keinginan peserta. Beberapa tempat yang dikunjungi mereka diantaranya ada Lombok, Makassar, Banyuwangi, Malang, Lampung, Jakarta, dan Bogor. Selain itu peserta juga diberi waktu untuk mencari dana pribadi untuk kebutuhan mereka sendiri selama disana, sehingga para peserta menpunyai waktu selama 1 bulan untuk bisa menembus belenggu keterbatasan. Disinilah pembangunan karakter para peserta mulai dibentuk.

 Para peserta harus berani melawan ketidakpercayaan pada dirinya serta ketidakberdayaan untuk melakukan jelajah nusantara dengan bekal terbatas. Mereka juga harus berjuang untuk membujuk orang tuanya agar mengizinkan mereka melakukan jelajah nusantara dan ikut mensukseskan misi ini. Kesolidan, semangat, pantang menyerah, dan keberanian para peserta mulai terbangun dalam dirinya dari kegiatan tersebut. (GM/Khust/ant)