Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa FIP UNY 2015

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) untuk pengurus organisasi mahasiswa (ormawa) di FIP UNY. LKMM FIP UNY 2015 ini diadakan selama 3 hari, yaitu Rabu, Kamis dan Jumat (18-20 Februari 2015). Acara ini mengambil di Gedung Abdullah Sigit dan LPMP Jogja. LKMM FIP UNY 2015 diikuti kurang lebih 150 pengurus ormawa FIP UNY periode 2015.

Acara dibuka langsung oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan alasan diadakannya LKMM, yakni untuk menyamakan persepsi tujuan antara Dekanat FIP dan mahasiswa. Selain itu LKMM merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Dekanat FIP sebagai pencetak para pemimpin bangsa. Acara ini dibarengi pula dengan Launching Buku CBC (Character Building Center) yang diwakili oleh Harris Fadhillah, Ketua BEM FIP UNY periode 2014.

Hari kedua (19/2) acara diadakan di LPMP Jogja yaitu penyampaian materi arahan kebijakan fakultas bidang kemahasiswaan oleh Dr. Haryanto, M.Pd. yang dilanjutkan oleh Dr. Sugito, M. A dengan materi sukses akademik dan prestasi ormawa. Materi Leadership dan keorganisasian dibawakan oleh Dr. Iis Prasetyo, M.M. Materi lainnya yaitu berpikir kritis dan kreativitas disampaikan oleh Hermanto, M.Pd.

Adapun materi mengenai administrasi dan keuangan yang diisi oleh Sungkono, M.Pd dan Aryanto Sudarmono, S.Pd. Kemudian Materi mengenai komunikasi yang dibawakan oleh Dwi Budiyanto, M.Pd dan materi mengenai hakikat motivasi dan manajemen diri dibawakan oleh Dr. Suwarjo, M.Si.

Hari ketiga LKMM (20/2), peserta LKMM FIP UNY 2015 diajak untuk melakukan outbond bersama yang bertujuan untuk mengakrabkan dan melatih kerjasama antar mahasiswa. Acara outbond yang merupakan acara puncak LKMM ini disambut dengan sangat antusias oleh peserta LKMM. Berbagai kejadian lucu hingga menegangkan tersaji dalam outbond LKMM FIP UNY 2015. Outbound dikoordinatori oleh Banu Setyo Adi, M.Or. (ant)