Pulau Bali Menjadi Jujugan Study Laboratory PG PAUD FIP

Setelah kunjungan mahasiswa PLB, kali ini mahasiswa PG- PAUD UNY Angkatan 2012 mengadakan kegiatan study laboratori ke Bali untuk mengunjungi sekolah bertaraf internasional Green School. Selain itu, mahasiswa PG PAUD UNY juga berkunjung  ke Laboratorium Jurusan PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). Kegiatan ini diikuti oleh 95 mahasiswa dengan didampingi oleh lima dosen PG-PAUD FIP UNY yaitu Dr. Harun, Joko Pamungkas, M.Pd, Amir Syamsudin, M.Ag, Rina Wulandari, M.Pd dan Nur Cholimah, M.Pd.

Rombongan kegiatan ini menggunakan dua bus yang dilaksanakan pada tanggal 8-12 Februari 2015. Pada hari pertama kegiatan study laboratori dimulai dengan pemberangkatan rombongan menggunakan bus. Agenda hari kedua rombongan ini terbagi menjadi dua yaitu rombongan A dan rombongan B. Hal ini karena dikarenakan Green School hanya dapat menerima tamu 50 orang demi kelancaran proses pembelajaran di sekolah tersebut. Rombongan A melakukan kunjungan ke Green School dan rombongan B mengunjungi tempat wisata Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, Kuta, Joger, serta Krisna. Saat di Green School mahasiswa dipimpin oleh seorang guide berkeliling sekolah dan mendapat beberapa pengetahuan baru yaitu penjelasan tentang keunikan bangunan sekolah yang ada, sejarah Green School, fasilitas, kebiasaan yang ada di sekolah serta proses pembelajaran sehari-hari di Green School. Sekolah ini didirikan oleh John Hardy pada tahun 2008, beliau adalah seorang pembisnis di bidang perhiasan. Awalnya sekolah ini hanya memiliki murid sebanyak  98 anak hingga akhirnya saat ini semakin banyak dari tahun ke tahun dan sekarang menjadi berjumlah 415 murid. Pada hari ketiga di Bali, kegiatan study laboratori ini dilakukan seperti halnya pada hari kedua hanya bergantian tujuan.

Pada hari ke empat di Bali, rombongan mahasiswa dan  dosen pendamping mahasiswa study laboratori  melakukan study banding sekaligus menjalin silaturahmi dengan keluarga Jurusan  PG-PAUD UNDIKSHA. Rombongan disambut baik dan dipersilahkan untuk melihat Laboratorium Jurusan PG-PAUD UNDIKSHA yang terletak tidak jauh dari kampus pusat. Pada sambutan Dekan FIP UNDIKSHA mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas tujuan kunjungan Universitas Pendidikan Ganesha, Bali. Penyambutan kunjungan juga dihadiri oleh beberapa dosen PG-PAUD UNDIKSHA. Saat di UNDIKSHA, mahasiswa mendapat beberapa pembelajaran di mana TK Laboratorium sudah bersistem yayasan, diperlihatkan bagaimana proses pembelajaran yang menarik di TK tersebut, sejarah dan profil jurusan prodi PG-PAUD di UNDIKSHA, serta situasi yang ada di kampus UNDIKSHA. Setelah beberapa jam melakukan audiensi dan diperlihatkan beberapa ruangan di sekitar kampus, rombongan PG-PAUD UNY berpamitan dan langsung melanjutkan perjalanan pulang menuju Yogyakarta. (mar/wil/ant)