Workshop Pembimbingan PKM bagi Dosen FIP UNY

Sabtu (7/3) Bidang III mengadakan acara Workshop Pembimbingan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) bagi Dosen FIP. Menurut Dr. Suwarjo, M.Si. selaku Wakil Dekan III. Kegiatan ini untuk menjaga dan meningkatkan mutu PKM dari mahasiswa FIP. Karena banyak mahasiswa yang menyusun PKM masih salah dalam administrasi, padahal kesalahan administrasi akan berimbas pada banyaknya penyusun PKM yang gugur. Ditambah lagi penyakit yang ada pada mahasiswa yaitu mereka datang ketika waktu sudah mepet, sehingga tak ada waktu untuk mengkoreksi administrasi. Oleh karena itu workshop ini diadakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu.

Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. mengharapkan Workshop ini dapat meningkatkan kualitas tutorial dosen pendamping terhadap mahasiswa yang menyusun PKM. Seperti yang kita tahu, PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa) merupakan ajang kompetisi bergengsi bagi Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, dan PIMNAS menggunakan PKM sebagai alat kompetisinya. UNY pernah meraih medali emas pada PIMNAS tahun 2012, dan diharapkan pada PIMNAS yang akan datang, UNY bisa kembali merebut medali emas.

Acara yang diikuti 50 dosen pendamping mahasiswa ini diisi oleh 2 pembicara yang telah lama berkecimpung dalam dunia kompetisi mahasiswa yaitu Sukinah, M.Pd dan Hermanto, M.Pd. Hermanto menjelaskan turunnya partisipasi UNY dalam PIMNAS diakibatkan banyaknya peserta yang gugur. Tak lupa juga memberikan penekanan kegiatan PKM. PKM datang dengan tujuh jenis program yang berbeda mulai dari PKM-Penelitian, PKM-Kewirausahaan, PKM-M (pengabdian masyarakat), PKM-T (penerapan teknologi), PKM-Karsa Cipta ditawarkan pada periode pertama. Periode ini semacam penawaran program hibah yang biasanya disebut PKM 5 (lima) bidang. Lima bidang tersebut merupakan bidang yang paling popular di mana kelompok pengusul harus melakukan kegiatan dari tahap demi tahap yang telah diajukan dalam proposal. Kemudian, pada perode penawaran kedua terdiri dari PKM-Gagasan Tertulis dan PKM-Artikel Ilmiah. (ant)