Visi & Misi

VISI


Pada tahun 2025 Fakultas Ilmu Pendidikan diakui Dunia sebagai pusat pencerahan dan pembaharuan pendidikan berbasis ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan; dan berwawasan kebangsaan.

MISI

  1. Mengembangkan dan menjabarkan  paradigma pendidikan nasional abad XXI dan terapannya bagi FIP  sebagai inti dari pendidikan tinggi kependidikan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional  berbasis penelitian, dalam bidang pendidikan anak usia dini,  pendidikan dasar, pendidikan nonformal dan informal, pendidikan luar biasa, bimbingan konseling, teknologi pendidikan, kebijakan pendidikan serta tenaga kependidikan lain yang diperlukan lintas satuan dan penyelenggara pendidikan.
  3. Melakukan penelitian pendidikan berorientasi penguatan konsep dan perbaikan praktik pendidikan; serta mendiseminasi dan mempublikasikannya di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  4. Melaksanakan pelayanan profesional berbasis penelitian ke masyarakat dan berbagai pihak yang membutuhkannya, secara berkelanjutan.
  5. Membina program kemahasiswaan yang kondusif untuk pelaksanaan pendidikan akademik dan profesional.
  6. Memperkuat kapasitas dan kinerja kelembagaan fakultas agar dapat menjalankan misi-misi kelembagaan tridarma perguruan tinggi, secara terpadu.
 
TATA NILAI

Nilai-nilai dasar yang harus mewarnai budaya fakultas :

  1. Ketaqwaan
  2. Kemandirian
  3. Kecendekiaan
  4. Kebangsaan

Nilai-nilai instrumental (yg  mendukung penanaman nilai dasar, harus ada pada pendidik dan mewarnai budaya fakultas/satuan pendidikan)

  1. Keimanan dalam konteks  keberagaman masyarakat.
  2. Kepemimpinan: tut wuri handayani,  ing madya mangun karsa, ing ngarsa sung tulada
  3. Profesionalisme (pemecahan masalah berbasis keahlian); kebutuhan berprestasi; dengan pendekatan teknosains
  4. Kesadaran jatidiri, kebanggaan berbangsa, kepekaan dan komitmen terhadap persoalan lembaga dan  persoalan kebangsaan.