MAHASISWA UNY SABET 3 JUARA DALAM AJANG YOUNG RESEARCH COMPETITION DAN LKTI NASIONAL UNP

Tim Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian kembali menambah pundi-pundi prestasinya dalam ajang bergengsi dalam event berskala nasional yaitu dalam ajang Lomba PPIPM FAIR 2015 yang diselenggarakn oleh Universitas Negeri Padang (UNP) pada tanggal 28—31  Oktober 2015 lalu. Dalam event tahunan yang mengangkat tema “Peran Mahasiswa sebagai agen of change dalam pengembangan IPTEKS untuk menghadapi MEA 2015”  ini, delegasi Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menorehkan prestasi gemilang, yakni memperoleh juara ke-1 YORECO dari 10 besar tim delegasi dari penjuru Indonesia lainnya.

Tim YORECO (Young Research Competition) diwakili oleh 2 tim. Tim yang pertama diketuai oleh Sayidatul Maslahah (Pendidikan Luar Biasa 2014) dengan anggota Arif Dwihantoro (Pendidikan Matematika 2013) dan Imam Budi Prasetyo (Pendidikan Luar Biasa 2014) dengan dosen pembimbing Sukinah, M.Pd. yang merupakan dosen Pendidikan Luar Biasa. Tim ini mendapatkan juara ke-1. Dalam kesempatan ini delegasi UNY mempersembahkan karyanya yang berjudul “Media Pembelajaran Picabre ‘Playing Cards Of Braille’ dalam Optimalisasi Pembelajaran Materi Peluang bagi Anak Tunanetra di MTs Lb/ A Yaketunis”.

Sementara tim yang satunya diketuai oleh Shinta Hanifati (Pendidikan Fisika) dengan anggota Sayidatul Maslahah (Pendidikan Luar Biasa 2014) dan Rohmatul Khasanah (Pendidikan Tehnik Sipil) dengan dosen pembimbing Rahayu Condro Murti, M.Si.  yang merupakan dosen Jurusan PGSD. Tim ini memperoleh juara harapan ke-2.

Tim LKTIN diwakili oleh satu tim dengan hasil juara ke-3 yang diketuai oleh Rifaldy Fajar (Matematika 2014) dengan anggota A.A. Sutadi Saputra (Pendidikan Teknik Elektro). Dalam kesempatan kali ini, delegasi UNY ini mempersembahkan karyanya yang berjudul “Modifikasi Muffler dengan Kertas Filter dari Ekstrak Daun Trembesi (Samanca saman) dan Daun Mahoni (Switenia macrophylla) sebagai Peredam Suara, Produksi Ketebalan Asap, dan Penyaring Polutan CO dan Nox pada Emisi Gas Buang Kendaraan Mobil”.

Dalam hal ini, tim mengaku kejuaraan ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena lawan-lawan yang hadir dalam kompetisi ini sangatlah berat yakni Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Padang, Universitas Tanjungpura Pontianak, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Berkat kerja keras, kerja sama tim, dan dukungan dari pihak-pihak terkait, delegasi UNY mampu menyabet juara ke-1 dan harapan ke-2  YORECO serta juara ke-3 LKTIN dalam perlombaan kali ini. Sementara secara keseluruhan juara kedua diraih tim Universitas Brawijaya dan juara ketiga diraih oleh tim Universitas Sebelas Maret. (Maslahah)