TEACHER IDOL ALA MAHASISWA PGSD

Pembelajaran dalam kuliah tidak harus berada di kelas, begitu pula dalam ujian akhir mahasiswa. Selama ini yang terjadi dalam ujian akhir mahasiswa adalah mereka mengerjakan soal ujian dalam kelas dengan diawasi oleh pengawas. Hal yang berbeda dilakukan oleh mahasiswa PGSD FIP UNY Kampus Mandala dan Kampus Bantul. Dengan bimbingan dosen Unik Ambar Wati, M.Pd., mereka menggagas ujian akhir dengan format berbeda yaitu dengan mengadakan pentas. Kegiatan pentas yang bertema “Membumi Negeri Membangun Prestasi Bersama PGSD Bantul Mandala” tersebut dikemas dalam acara Teacher Idol yang dilaksanakan di Kampus UPP 1 UNY Mandala pada Rabu, 30 Desember 2015.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan I FIP UNY Dr. Suwarjo, M.Si. dan dihadiri oleh Ketua Jurusan PGSD FIP UNY Suparlan, M.Pd. Menurut Unik Ambar Wati, M.Pd. kegiatan ini merupakan program ujian akhir semester untuk mata kuliah strategi pembelajaran di sekolah dasar. “Dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan praktek kemampuan mengajar dari berbagai model strategi pembelajaran,” kata Unik.

Menurut dosen Fakultas Imu Pendidikan UNY tersebut, apabila dilakukan ujian secara tertulis akan kurang relevan dengan inti mata kuliahnya. Oleh karena itulah dilakukan ujian akhir dengan metode yang berbeda. Bertindak sebagai juri dalam teacher idol ini Unik Ambar Wati, M.Pd. dan Supartinah, M.Hum.

Dalam teacher idol ini, 174 mahasiswa PGSD Bantul dan Mandala membuat beberapa kelompok team teaching yang akan melakukan praktek pembelajaran di depan kelas. Satu orang berperan sebagai guru inti, 2 orang berperan sebagai guru pendamping. Beberapa mahasiswa lainnya berperan sebagai siswa.

Menurut Bayu Prasetyo mahasiswa PGSD Mandala, pada awalnya ada sekitar 60 kelompok team teaching, dan pada pentas pada hari ini merupakan babak final yang mempertandingkan 8 kelompok. “Empat kelompok dari Bantul dan empat kelompok dari Mandala,” ujar Bayu. Setelah bertanding, akhirnya terpilih sebagai juara pertama kelompok Titis Mawar Trianggita dkk, juara kedua Desti Vitriani dkk, dan juara ketiga Chintia Nuroctaviani dkk. (dedy)