UNY IKUTI TRAINING OF TRAINERS (TOT) PENDAMPING DIFFABLE PADA PERGURUAN TINGGI BERSAMA KEMENRISTEK

Training of Trainers (ToT) Pendamping Difabel pada Perguruan Tinggi mengusung tema: Pemerataan Aksesibilitas Pendidikan Tinggi bagi Penyandang Difable. Kegiatan ini diselenggrakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Hal ini merupakan bukti dari kepedulian dan komitmen pemerintah dalam membantu para penyandang disabilitas dalam pemenuhan haknya memperoleh pendidikan yang layak dan lebih baik.

Hambatan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas di perguruan tinggi sampai saat ini adalah pemenuhan layanan pendidikan yang layak untuk mereka. Mereka membutuhkan cara, media, dan kondisi lingkungan tertentu supaya mereka dapat menjalani kegaiatan belajar mengajar di perguruan tinggi dengan aman dan nyaman. Hal ini juga disebutkan dalam Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentag Sistem Pendidikan Nasional.

Kesempatan penyandang disabilitas sekarang mulai mendapatkan perhatian yang lebih baik dari pemerintah dan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah lewat kegiatan ToT ini. Adapun tujuan dari ToT ini yaitu supaya mahasiswa disabilitas dapat mengikuti dan mengakses berbagai program pendidikan di kampus setara untuk mjencapai prestasi akademin yang optimal.

Adapun peserta dalam ToT ini adalah Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Tidar (Magelang), Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Yogyakarta, ISI Yogyakarta, dan ISI Surakarta. Semua perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa difable.

Narasumber dalam kegiatan ToT ini Direktur Jenderal Belmawa, Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Direktur Pembelajaran, Asep Supena (Universitas Negeri Jakarta), Munawir (Universitas Sebelas Maret Surakarta), Dr. Bambang Nugroho, M.Pd (Universitas Katolik Soegijapranata), Dr. Salim Choiri, M.Kes (Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Dr. Sari Rudiyati (Universitas Negeri Yogyakarta). Sedangkan Sekretariatnya adalah Subdit Pembelajaran Khusus dan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dalam kegiatan ini UNY utamanya jurusan Pendidikan Luar Biasa mendelegasikan perwakilannya untuk mengikuti kegitan ini. Terdapat kurang lebih 16 Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa semester 3 dan 5, dengan didampingi dosen pendamping mahasiswa yaitu ibu Aini Mahabbati, S.Pd,. M.A. Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa yang mengikuti kegiatan ini adalah Trisna Yulianto (2014), Sayidatul Maslahah (2014), Niga Anggarani Pratiwi (2014), Alvina Ullya Isnawati (2014), Wahyu Herjuno Bawono (2014), Karlina Nur Hastuti (2014), Adharu Rizky (2013), Iin Dwiningsih (2013), Vivi Suryaningsih (2013), Siti Aisyah (2013), Annis Na’immatun (2013), Firly Septiawan (2013), Leni Ambar (2013), Linda Roma (2013).  Kegiatan  ini dilaksanakan di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta pada tanggal 22-23 Desember 2015 di gedung Pusdiklat UNS. (say/ant).