Kebijakan Rekrutmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Rabu (10/2) Ikatan Keluarga Alumni Komisariat FIP UNY menggelar acara FGD tentang Kebijakan Rekrutmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Acara ini sebagai upaya Ikatan Keluarga Alumni dalam menghadapi MEA 2016 dan juga untuk mengetahui peta pekerjaan yang tersedia di wilayah Jateng dan DIY.  Hadir sebagai Narasumber yaitu Dra. Hj. Triana Purnamawati, M.M. selaku Kabid Dikmenti Disdikpora DIY. Hadir pula tamu undangan wakil dari BKD 5 kabupaten di wilayah DIY dan 3 wakil dari BKD wilayah Jateng, Kajur dan Sekjur dari semua jurusan di FIP dan beberapa wakil dari mahasiswa.

Menurut Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd dalam pembukaannya, pihak Fakultas ingin mengetahui seberapa jauh peta pekerjaan yang tersedia di wilayah Jateng DIY. Diharapkan wakil dari mahasiswa dapat mengetahui dinamika yang terjadi di lingkup lapangan pekerjaan terutama di lingkungan Pemda, tambanya lagi.

Lebih jauh, Dra. Triana mengungkapkan bahwa alumni merupakan aset penting dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan jaringan dalam memberikan kontribusi bagi kejayaan almamatemya. Maka para alumni dituntut untuk mampu bersaing dan menunjukkan kualitas diri untuk meraih kepercayaan diberbagai aspek kehidupan bangsa. Alumni juga dapat berperan strategis bagi bangsa, dengan memberikan saran, pandangan, pemikiran dan koneksi serta relasi yang memungkinkan dapat membina hubungan dalam bentuk kerjasama saling menguntungkan antar para pihak terkait.

Alumni mungkin hanya merupakan salah satu elemen, dari sekian banyak faktor-faktor penting yang berperan dalam meningkatkan kualitas dan kinerja suatu insitusi pendidikan. Namun, melihat potensi strategis dan luar biasa yang bisa digali dari keberadaan alumni, sudah saatnya pihak Perguruan Tinggi mulai merangkul kembali alumninya menyiapkan para mahasiswa dengan persiapan yang matang, untuk dapat menjadi alumni yang memiliki dedikasi dan semangat yang tinggi untuk membesarkan almamaternya, tambahnya lagi.

Selanjutnya dilanjutkan acara diskusi dan tanya jawab yang melibatkan wakil BKD, Ketua IKA Komisariat FIP,  Kajur dan wakil dari mahasiswa. (ant)