Studi Banding dan Pelatihan Jurusan PAUD FIP UNY ke Universitas Negeri Jakarta

Tim Jurusan PAUD yang terdiri  dari  4 orang yaitu Joko Pamungkas, M.Pd, Ika Budi Maryatun, M.Pd., Dr. Amir Syamsudin, M.Ag. dan Wildiani Lathifah, S.Pd. mengunjungi Jurusan PAUD FIP UNJ dengan maksud untuk studi banding dan pelatihan terkait laboratorium dan pelaksanaan program PPG SM3T PAUD. Kunjungan ini dilaksanakan pada Kamis–Jumat, 18-19 Februari 2016. Kedatangan rombongan disambut dosen-dosen PAUD UNJ yang diteruskan dengan berkeliling laboratorium Jurusan PAUD FIP UNY.

 Berbagai informasi terkait tata kelola manajemen laboratorium, pelaksanaan pembelajaran, kurikulum, sistem perenkrutan anak, dan administrasi kelas didapatkan dalam kegiatan ini.  “Taman Tumbuh Kembang Anak (TTKA) Ceria”  merupakan sebutan untuk Laboratorium Jurusan PAUD FIP UNJ yang memiliki sistem pembelajaran sentra. Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh  TTKA Ceria antara lain ruang administrasi, ruang guru, ruang rapat, ruang penelitian, ruang UKS, kamar mandi (toilet training), ruang  tidur anak, ruang makan,  dan ruang praktik. Ruang praktik ini digunakan khusus mahasiswa Jurusan PAUD FIP UNJ untuk melakukan latihan praktik mengajar sebelum terjun langsung  ke laboratorium dibawah bimbingan dosen pendamping.

Ketua Pusat Pendidikan Profesi, Sertifikasi Guru, dan Dosen UNJ menyampaikan bahwa “Dalam pelaksanaan Kegiatan PPG SM3T harus memiliki rangkaian kegiatan sebagai berikut Workshop Penyusunan Silabus PPG, Orientasi Awal PPG, Workshop  Penyusunan Perangkat Pembelajaran PPG, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Ujian Tulis Lokal dan Ujian Tulis Nasional, dan Ujian Tulis Lokal dan Ujian Tulis Nasional”, ujarnya. Dr. Budiaman, M.Si. juga menyampaikan rambu-rambu pengembangan jadwal program PPG SM3T.

Narasumber kedua dibersamai oleh  Koordinator PPG Jurusan PAUD UNJ Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si. yang menyampaikan berbagai hal yang perlu disiapkan untuk kegiatan program PPG SM3T PAUD antara lain tata kelola manajemen, kurikulum, silabus, jadwal, rancangan siklus, guru pamong, dan kebutuhan ATK peserta PPG SM3T PAUD.

Selain mendapatkan ilmu tentang laboratorium Jurusan PAUD, peserta juga mendapatkan ilmu terkait program PPG SM3T. Dengan adanya kegiatan studi banding dan pelatihan terkait laboratorium dan program PPG SM3T PAUD ini diharapkan dapat menambah wawasan para dosen Jurusan PAUD FIP UNY untuk  bekerjasama menghasilkan pendidik profesional. (wil/ant)