Mahasiswa PGSD FIP UNY Raih Juara I LKTI HORAS Health Fest, USU

Pemerintah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (PEMA FKM USU) mengadakan kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional bertema Horas HealthFest 2016. Acara ini bertujuan untuk mewadahi ide/gagasan kreatif generasi muda khususnya mahasiswa Indonesia dalam memberikan kontribusi nyata dalam  menyikapi segala permasalahan kesehatan khususnya strategi dalam mewujudkan generasi sehat, produktif, dan kompetitif.

Adapun 2 mahasiswi UNY yaitu Limas Assifa Suryaningtyas dan Maulida Fitriyani dikirim untuk mengikuti ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dengan mengangkat tema SERIAL UP-BOOK: MEDIA PREVENTIF PROMOTIF DALAM PEMENUHAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH TERPENCIL. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan Media SERIAL UP-BOOK sebagai media preventif promotif dalam pemenuhan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, dan mengetahui tampilan Media SERIAL UP-BOOK dalam pemenuhan pelayanan kesehatan di daerah terpencil.

Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif-deskriptif. Dengan penggunaan media SERIAL UP-BOOK, diharapkan penelitian ini dapat menjadi salah satu langkah pemenuhan pelayanan kesehatan melalui bidang pendidikan. Selain itu juga dapat menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa sekolah dasar di daerah terpencil.

Setelah juri melakukan penilaian, pada tanggal 29 April 2016, kemudian diumumkan pada Seminar Nasional pada tanggal 30 April 2016. Juara pertama diraih oleh Tim dari Universitas Negeri Yogyakarta, juara kedua diraih oleh Tim dari Universitas Universitas Airlangga, juara ketiga diraih oleh Tim dari Universitas Diponegoro, Juara Harapan I diraih oleh Tim 2 Universitas Airlangga, Juara Harapan II diraih oleh Universitas Surya Global, serta Juara Harapan III Universitas Balikpapan. (lim/mau/ant)