Mahasiswa UNY ikuti Pelatihan Forum Indonesia Muda

Mahasiswa PGSD FIP UNY, Wilis Putri Hapsari berhasil lolos dan mengikuti pelatihan Forum Indonesia Muda (FIM) 18 yang berkolaborasi bersama BukaLapak pada 16 – 20 Mei 2016 di PP PON Cibubur. Sebagai forum nasional yang menjadi wadah kolaborasi bersama para pemimpin muda di seluruh Indonesia, setiap tahun FIM mengadakan Leadership dan Lifeskill Training.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka dengan public seminar yang diadakan di Balai Sarbini, Plaza Semanggi pada 16 Mei 2016 yang direncanakan diisi oleh Presiden Joko Widodo, namun berhalangan hadir sehingga diwakili oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Deputi V Bapak Haswan Yunas, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan beberapa pembicara lain yang merepresentasikan pemuda yang bergerak pada digital era seperti CEO dari BukaLapak, YessBoss, dan startup terkenal lainnya.

Tiga hari berikutnya diisi dengan materi inspiratif dari berbagai pembicara dengan tema yang menarik tiap harinya. Secara umum, tema pelatihan FIM kali ini adalah “Koneksi Selaraskan Aksi” dengan tema hari pertama mengenai Rural Empowerment (Tradisional) hari kedua mengenai Modern and Urban Movement, dan hari ketiga mengenai Global Citizen. Tema-tema tersebut dilengkapi paparan strategis dari masing-masing pemateri yang inspiratif.

Pada malam hari terakhir dilaksanakan Api Ekspresi yaitu pentas ekspresi seni dari peserta yang dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tema kronologis. Wilis mendapat kelompok ke 5 dengan tema Pencarian inspirasi di negeri lain. Kemudian di hari terakhir dilaksanakan outbond dan penutupan acara. Pada pelatihan FIM kali ini juga diadakan olimpiade FIM yang diadakan tiga tahun sekali selama dua hari, olimpiade FIM tahun ini dimenangkan oleh FIM Sumatera. (wil/ant)