Mahasiswa UNY Berikan Pelatihan ke Guru Gugus 03 PAUD Pundong

Kurikulum 2013 menjadi acuan pembelajaran sesuai peraturan pemerintah dalam pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2014/2015 lalu. Namun kenyataannya masih banyak lembaga PAUD yang belum menerapkan Kurikulum 2013 sebagai acuan pembelajarannya. Oleh karena itu lima mahasiswa yang terdiri dari Yuli Astuti (PGPAUD), Hening Astuti (PGPAUD), Arinin Nadhifah (PGPAUD), Cendrayani Oni Dahana (TP), dan Tesa Rizki Aulia (PBSI) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Bahasa dan Seni yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) memberikan pelatihan pengemasan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 kepada guru di Gugus 03 PAUD Pundong Bantul.

Pelatihan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan mengajar guru TK di Gugus 03 PAUD Pundong Bantul. Alasannya karena masih banyak guru yang merasa kebingungan dan kesulitan dalam menerapkan Kurikulum 2013 terutama untuk daerah di pedesaan. “Sebagian besar guru di Gugus 03 PAUD Pundong belum pernah mendapatkan pelatihan tentang Kurikulum 2013. Padahal tuntutan dari pemerintah semua lembaga PAUD di Indonesia supaya menggunakan kurikulum 2013 sebagai acuan pembelajaran.” Ujar Yuli Astuti, Ketua Pelaksana PKM.

Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan guru di Gugus 03 PAUD Pundong dapat memahami dan mengaplikasikan Kurikulum 2013 ke dalam pembelajaran. Ketika guru terampil membuat perangkat pembelajaran maka dalam proses pembelajarannya pun akan tersusun dengan rapi dan terkoordinir, sehingga memudahkan guru dalam kegiatan belajar mengajar yang efektif. (yul)