Capacity Building untuk Membangun Sinergitas

Sabtu (3/9) Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan Capacity Building bagi seluruh karyawan FIP UNY.  Acara yang diselenggarakan di Hotel Paradise Batu, Malang untuk mewujudkan kekompakan dan  keterampilan dari masing-masing individu dalam memecahkan masalah. Menurut Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd, seluruh civitas akademika FIP haruslah menciptakan iklim akademis yang sarat dengan kedisiplinan. “Kampus kita adalah pencetak calon pendidik anak bangsa, maka dari itu semua karyawan dan dosen haruslah disiplin dalam segala hal” tambahnya. Diharapkan setelah kegiatan ini, karyawan lebih terpacu motivasinya terutama dlam hal kinerja dan pelayanan.

Acara yang diikuti 98 karyawan ini dipandu oleh WD II FIP, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd. yang diadakan di aula Hotel. Permainan pertama adalah permainan Random Counting (hitung acak) yang menuntut kecermatan dan kecepatan. Disini peserta dibagi menjadi 2 kelompok.  Dilanjutkan dengan dengan permainan yang tidak pernah lepas dari gelak tawa namun tetap membutuhkan keseriusan, koordinasi, kecekatan, keterampilan dan focus dari semua peserta. Antara lain permainan Terrible Foot Rope dimana peserta harus bisa menyeberang dari pulau buatan dengan tali yang dililitkan di kaki peserta.

Kemudian permainan Hollow Square dimana peserta menyusun potongan karton yang dipotong-potong untuk menjadi bentuk tertentu. Peserta tidak diperkenankan untuk berkomunikasi membuat bentuk yang diinginkan. Menurut Instruktur, semua permainan ini membutuhkan sinergitas antar pegawai dimana segala macam komunikasi ternyata sangat diperlukan agar antar unit senantiasa koordinatif. (ant)