ToT Tim Inti Pemandu PLS GLZoo

Rabu (14/9).  Jurusan PLS FIP UNY bekerjasama dengan Gembira Loka Zoo (GLZoo) menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi Tim Inti Pemandu PLS GLZoo. Kegiatan yang bertempat di Taman Wisata GLZoo ini diikuti oleh 13 mahasiswa dari Jurusan PLS FIP UNY.  

Acara dibuka oleh Sambutan Wakil Dekan III FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd yang menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman bagi mahasiswa terkait dengan kepemanduan dan kegiatan yang ada di GLZoo. “Bentuk pelatihan ini nantinya akan bermanfaat bagi mahasiswa dan menambah pengalaman yang mereka miliki terkait pembelajaran luar sekolah. Mahasiswa dapat belajar dan mengaplikasikan teori yang didapatkan di perkuliahan.”  papar Sujarwo.

Pelatihan yang dilaksanakan berupa pemberian materi terkait dengan informasi serta kegiatan yang dilaksanakan di GLZoo dan kegiatan praktik lapangan. Materi disampaikan oleh Muh Fazir Safrudin S.Pd yang bertugas sebagai Kepala Bagian Pendidikan GLZoo dan Dewi Astuti Nurcahyani, S.Si sebagai PLT. Kabid Kebun Raya GLZoo.

Dalam penyampaiannya dijelaskan tentang profil GLZoo, informasi satwa, dan kegiatan maupun program-program yang telah dilaksanakan. Materi tersebut diharapkan menjadi bekal awal yang dimiliki oleh Tim Inti Pemandu PLS GLZoo agar mampu memberikan informasi yang tepat bagi wisatawan yang mengikuti kegiatan Pembelajaran Luar Sekolah.

Pelatihan dilanjutkan dengan kegiatan praktik lapangan yang dipandu oleh Prawoto beserta rekannya yang tergabung dalam Komunitas Outbound Kids. Dalam kesempatan kali ini, Prawoto memberikan tips dan games-games yang menarik yang dapat diterapkan dalam kegiatan Pembelajaran Luar Sekolah GLZoo.

Pelatihan diakhiri dengan kegiatan praktik lapangan yang secara langsung diikuti oleh para mahasiswa sebagai peserta pelatihan ini dan dipandu oleh Prawoto beserta rekan. Praktik Lapangan yang dilakukan yaitu mengajak para mahasiwa dalam kegiatan permainan dan mendesain kegiatan outbound yang menarik.

Harapan dari kegiatan Training of Trainer ini adalah untuk meningkatkan kualitas program Pembelajaran Luar Sekolah GLZoo dan kerjasama antara Jurusan PLS FIP UNY dengan GLZoo. Kegiatan Training of Trainer juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengkaderisasi Tim Inti Pemandu PLS GLZoo dan mempersiapkan Tim Inti Pemandu PLS GLZoo yang baru. (ant/yudan/mata)